NYALAKAN API ROH KUDUS (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Keluaran 23-24
Matius 20:1-16

RHEMA HARI INI
Yesaya 41:10 janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan.

Memasuki tahun 2021, beberapa negara di Eropa mengalami cuaca dingin ekstrem. Di bulan Februari, jutaan orang di lebih dari 100 kabupaten di Texas, harus kedinginan tanpa pasokan listrik selama tiga hari. Sekitar 12 juta orang dari total 29 juta penduduk negara bagian terbesar kedua di Amerika Serikat ini, tidak memiliki air minum di rumah mereka. Hal ini karena ratusan sistem saluran air rusak akibat pembekuan di tengah cuaca ekstrem. Warga terpaksa merebus salju untuk bisa mendapatkan air minum dan bertahan di dalam rumah dengan menyalakan lilin serta memakai jaket tebal.

Sedangkan di bulan Juli, setidaknya 43 kota di Brasil mengalami hujan beku atau freezing rain yang membuat benda-benda membeku berselimutkan es salju. Para tunawisma membuat api unggun dalam usaha untuk tetap hangat selama malam yang dingin. Kejadian ini merupakan fenomena yang mengherankan, karena Brasil termasuk wilayah tropis yang jarang turun salju. Warga di beberapa daerah beriklim sedang di Brasil memang sudah terbiasa melihat salju. Namun bagi sebagian besar warga Rio Grande do Sul, ini merupakan kali pertama mereka bersentuhan dengan salju.

Sekarang ini, dunia bukan saja menghadapi cuaca ekstrem, tetapi juga berbagai tantangan ekstrem akibat hantaman pandemi. Di antaranya kelesuan ekonomi terpanjang secara global yang belum pernah kita alami sebelumnya. Untuk itu, kita sangat membutuhkan api Roh Kudus menyala dalam hati supaya kita bisa bertahan. Kita perlu api untuk tetap semangat dalam bekerja, kita perlu api untuk bisa tetap menjaga keharmonisan keluarga, kita juga perlu api supaya pelayanan kita tetap berkobar saat semua lesu dan banyak jiwa mencari Tuhan. Mintalah kepada Tuhan, katakan pada-Nya, kita butuh api yang baru berkobar! Biarkan api-Nya turun dan membakar hati serta menyalakan semangat kita untuk bekerja bagi kemuliaan Tuhan! (PF).

RENUNGAN
Untuk bisa menghadapi TANTANGAN EKSTREM, kita perlu API ROH KUDUS MENYALA dalam hidup kita.

APLIKASI
1. Tantangan ekstrem apa yang Anda hadapi sekarang ini?
2. Mengapa Anda perlu api Roh Kudus menyala dalam hidup Anda?
3. Apa perbedaan yang Anda rasakan ketika ada api Roh Kudus yang menyala dalam hati Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, nyalakan kembali api Roh-Mu dalam hati setiap kami. Kobarkan sampai hati kami menyala-nyala dalam iman dan semangat untuk menghadapi setiap tantangan. Terima kasih Tuhan, kami percaya di tengah situasi dunia saat ini, api Roh Kudus-Mu yang akan menyelamatkan kami. Bahkan membawa hujan pertobatan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”