KOBARKAN API ROH KITA DALAM SEGALA SITUASI (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Mazmur 132-134
1 Korintus 11:17-34

RHEMA HARI INI
Roma 12:11 Janganlah hendaknya kerajinanmu kendor, biarlah rohmu menyala-nyala dan layanilah Tuhan.

Menjaga api roh tak selalu mudah. Seiring waktu, tidak sedikit orang Kristen yang mulai enggan melayani pekerjaan Tuhan. Api dalam diri yang sebelumnya begitu menyala-nyala, perlahan meredup dan akhirnya padam. Apa penyebabnya? Ada yang merasa kecewa karena tak kunjung dijawab doanya. Ada yang mogok pelayanan karena mengalami gesekan dengan saudara seiman. Ada yang tak lagi bersemangat melayani karena tak tahan menghadapi ujian, tantangan, dan permasalahan hidup. Tak sedikit pula orang yang dengan sengaja menolak untuk terlibat dalam pelayanan karena sibuk dengan perkara-perkara duniawi.

Masalah dalam hidup adalah hal yang lumrah dan semua orang pasti mengalaminya. Jika demikian, tidak seharusnya kita menjadikan ‘masalah’ sebagai alasan untuk tidak lagi punya semangat dalam melayani Tuhan. Kalau kita mengenal dengan benar siapa Tuhan kita, menyadari anugerah keselamatan yang telah kita terima, memahami kehendak dan rencana Tuhan atas hidup kita, maka kita akan melayani Tuhan secara konsisten serta penuh semangat di segala situasi. Bukan hanya ketika kita sedang terberkati secara materi atau semua berjalan sesuai harapan, baru kita bisa begitu menggebu-gebu untuk Tuhan dan dengan suara lantang bisa berkata, “God is good!” Namun begitu keadaan terbalik atau tidak sesuai harapan, pelayanan pun terkena imbasnya.

Janganlah biarkan api roh kita goyah saat menghadapi berbagai pencobaan yang ada. Kalau kita menyerah dan kalah pada keadaan, iblis akan bersorak-sorai mentertawakan kita. Ketahuilah: tidak ada kemuliaan tanpa salib, tidak ada kemenangan tanpa perjuangan. Mari kita menjaga komitmen untuk menjaga api roh kita agar tetap berkobar dan setia melayani Tuhan sampai akhir hidup kita. Ketika kesulitan hidup datang tanpa diundang, atau sebaliknya, ketika kehidupan menjadi begitu mudah karena berkat melimpah, senantiasa kobarkan api roh kita lebih lagi, sehingga kuasa kebangkitan sungguh-sungguh terjadi dalam hidup kita.

RENUNGAN
Saat berada dalam situasi dan keadaan yang buruk, KOBARKANLAH API ROH kita lebih lagi.

APLIKASI
1. Mengapa penting bagi kita untuk tetap mengobarkan api roh dalam segala situasi dan kondisi?
2. Coba renungkan, pernahkah Anda sedang dalam situasi dan keadaan yang buruk? Bagaimana api roh Anda saat itu?
3. Apa yang akan Anda lakukan agar api roh Anda senantiasa berkobar sekalipun dalam situasi yang kurang baik? Tuliskan!

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, kami mengucap syukur atas kemurahan-Mu dan kesetiaan-Mu dalam hidup kami. Kami percaya bahwa Engkau memegang kendali atas hidup kami. Ajar kami untuk tetap dapat menjaga api roh kami dalam segala situasi, sehingga kuasa kebangkitan sungguh nyata dalam hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”