PEKERJAAN TUHAN MASIH BELUM SELESAI (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

1 Raja-Raja 12-13
Lukas 22:1-30

BACAAN HARI INI
Yohanes 5:14-20

RHEMA HARI INI
Yohanes 5:17 Tetapi Ia berkata kepada mereka: “Bapa-Ku bekerja sampai sekarang, maka Akupun bekerja juga.”

Ada seorang pengrajin tanah liat sedang membuat pesanan demi pesanan bejana yang diterimanya. Setiap orang yang memesan diberikan sepucuk kertas bertuliskan estimasi waktu kapan pesanan mereka akan selesai. Proses ini memakan waktu beberapa hari. Sembari menunggu, mereka pun pulang dan mengerjakan aktivitas sehari-hari mereka. Namun, Mila tidak sabar ingin melihat hasil bejananya. Belum sampai waktu yang ditentukan, ia mendatangi tempat sang pengrajin. Saat mengetahui bejananya belum selesai, ia pun pulang kembali. Hal itu dilakukannya berkali-kali. Namun terkadang ia tidak pulang dan bermain di dekat tempat sang pengrajin, sehingga ia bisa menjenguk tempat kerja pengrajin itu.

Hari yang dinantikan pun tiba. Sekali lagi Mila mendatangi pengrajin yang masih berkutat dengan bejana di hadapannya. Di titik ini, bejana itu sudah terlihat 80-90% hampir selesai. Mila sudah bisa melihat bentuknya, tetapi pengrajin itu masih mewarnai bejananya. Mila yakin ketika sudah selesai, hasilnya tentu akan sangat indah. Sekalipun ia sepertinya tidak sabar dan ingin bejana kesayangannya cepat jadi, tetapi ia menyerahkannya di tangan pengrajin itu dan menunggunya hingga 100% selesai.

Di dalam hidup ini, kita pun kerap kali merasakan apa yang Mila rasakan. Kita menunggu-nunggu sebuah jawaban doa yang seolah-olah tak kunjung datang. Sehingga terkadang kita pun mulai mempertanyakan akankah momen itu sungguh-sungguh akan tiba. Namun tenanglah, Tuhan belum berhenti bekerja dalam hidup kita. Bahkan firman Tuhan meneguhkan kita melalui bacaan hari ini. Pada hari Sabat, di saat seharusnya semua orang berhenti bekerja dan berisitrahat, Tuhan Yesus tetap bekerja. Tak ada satu hal pun yang dapat menghentikannya untuk mendatangkan kebaikan dalam hidup kita. Maka dari itu, marilah percaya, imani, dan berpeganglah pada janji-Nya bahwa kemuliaan Tuhan pasti akan dinyatakan dalam hidup setiap kita yang percaya. Karena janji-Nya adalah ya dan amin. Bahkan kemuliaan yang akan Dia nyatakan jauh lebih terang dari sebelumnya.

RENUNGAN
Meskipun tahun 2020 HAMPIR SELESAI, tetapi Tuhan bekerjanya BELUM SELESAI.

APLIKASI
1. Janji Tuhan apakah yang Anda nantikan selama ini dalam hidup Anda? Apakah Anda masih setia menunggu janji Tuhan itu?
2. Menurut Anda, mengapa kita harus senantiasa percaya dan setia menunggu pekerjaan tangan-Nya?
3. Renungkanlah, apa yang dapat Anda lakukan untuk membangkitkan iman Anda dalam masa penantian ini?

DOA UNTUK HARI INI
“Ya Bapa, kami percaya bahwa kemuliaan-Mu akan segera Engkau nyatakan dalam hidup setiap kami. Kami mau untuk tetap setia dan berpegang teguh pada janji-Mu, ya Tuhan. Karena kami tahu bahwa Engkau belum selesai bekerja dan Engkau tidak akan pernah berhenti bekerja sampai janji-Mu tergenapi dalam kehidupan kami. Terima kasih, ya Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”