BANGKIT DALAM DOA DAN PUJIAN BAGI TUHAN (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Yehezkiel 37-39
2 Petrus 2

RHEMA HARI INI
Mazmur 71:7-8 Bagi banyak orang aku seperti tanda ajaib, karena Engkaulah tempat perlindunganku yang kuat. Mulutku penuh dengan puji-pujian kepada-Mu, dengan penghormatan kepada-Mu sepanjang hari.

Ada banyak orang menentang Paulus dan Silas dalam memberitakan Injil, sehingga mereka pun dipenjara. Namun, mereka tidak khawatir tentang apa yang menimpa mereka. Dalam penderitaan, Paulus dan Silas memilih langkah yang benar, yaitu berdoa dan memuji Tuhan setiap saat. Pada akhirnya, mujizat yang mereka alami begitu luar biasa, doa dan pujian mereka dijawab oleh Allah melalui gempa bumi yang dahsyat dan membuat pintu-pintu penjara terbuka serta belenggu-belenggu mereka terlepas.

Mari belajar dari kisah Rasul Paulus dan Silas yang menghadapi masalah dengan doa dan pujian. Sebuah tindakan yang sering kita lupakan ketika masalah mendatangi kita. Manusia terbiasa panik terlebih dahulu sehingga lupa untuk berdoa dan memuji Tuhan di tengah permasalahan. Ketika Paulus dan Silas mengambil pilihan untuk terus memuji dan menyembah Tuhan dalam keadaan penuh masalah serta penderitaan, tidak saja mereka diselamatkan, tetapi sang kepala penjara pun selamat. Bukan hanya kepala penjara saja, bahkan seluruh keluarganya. Luar biasa.

Doa dan pujian mendatangkan kekuatan dari Tuhan. Ya, mengikut Tuhan tidak berarti bahwa kita akan 100% lepas dari masalah, tetapi ingatlah selalu bahwa Tuhan akan selalu ada beserta kita, bahkan dalam kegelapan yang paling gelap sekalipun. Daripada bersungut-sungut, mengeluh, mengumpat, atau menyalahkan Tuhan, lebih baik kita coba alternatif yang dipilih oleh Paulus dan Silas. Pujian dan penyembahan kepada Tuhan dari hati yang tulus akan membawa dampak positif, tidak saja kepada diri kita sendiri tetapi juga kepada orang-orang di sekitar kita. Dalam keadaan sulit sekalipun, ingatlah bahwa Tuhan selalu ada beserta kita. Ambil komitmen untuk berhenti memusatkan pikiran pada beratnya masalah, sebaliknya, pusatkan kepada Tuhan yang jauh lebih besar dari semua masalah itu. Percayalah bahwa Tuhan senantiasa melimpahkan kasih setia-Nya untuk rencana-rencana besar-Nya bagi kita. Oleh sebab itu, Dia pun akan menjadikan kita makin lama makin kuat, sehingga kita selalu lebih kuat dari sebelumnya.

RENUNGAN
DOA dan PUJI-PUJIAN mendatangkan KEKUATAN dari yang TERKUAT.

APLIKASI
1. Bagaimanakah sikap Anda selama ini dalam menghadapi masalah dalam hidup Anda?
2. Menurut Anda, mengapa doa dan puji-pujian dapat mendatangkan kekuatan bagi kita?
3. Apa yang akan Anda lakukan untuk dapat mengaplikasikan renungan pada hari ini?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, kami mengucap syukur memiliki Allah yang begitu luar biasa seperti Engkau. Kami percaya penyertaan dan mujizat-Mu selalu nyata bagi kami. Segala perkara dapat kami tanggung dalam Engkau yang memberi kekuatan bagi kami. Ajar kami agar konsisten dalam membangun doa dan pujian, sehingga kekuatan-Mu nyata dalam hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”