MILIKI ASET TERPENTING DALAM PERJALANAN HIDUP KITA (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Mazmur 54-56
Roma 3

RHEMA HARI INI
Yesaya 60:17 Sebagai ganti tembaga Aku akan membawa emas, dan sebagai ganti besi Aku akan membawa perak, sebagai ganti kayu, tembaga, dan sebagai ganti batu, besi; Aku akan memberikan damai sejahtera dan keadilan yang akan melindungi dan mengatur hidupmu.

Seorang pengusaha kaya datang ke sebuah desa pemasok ikan terbesar. Ia melihat seorang nelayan sedang bersandar di pohon kelapa sambil menikmati secangkir kopi dan bertanya mengapa ia tidak menangkap ikan. “Ikan yang kutangkap hari ini sudah cukup banyak,” jawab si nelayan. Pengusaha itu kembali bertanya, “Mengapa kau tidak menangkap ikan lebih banyak lagi? Dengan uang yang kau hasilkan, kau bisa membeli mesin motor tempel, bahkan pukat nilon, sehingga kau bisa melaut lebih jauh lagi dan semakin kaya seperti aku.” Si nelayan tampak berpikir dan bertanya, “Apa yang harus aku lakukan jika jadi kaya?” Dengan tegas pengusaha itu berkata, “Hidupmu akan damai, dan kau bisa mulai bersantai.” Nelayan itu pun menjawab, “Lalu, kau pikir sekarang aku sedang apa?”

Setiap orang pasti memiliki kerinduan untuk hidup damai seperti yang digambarkan si pengusaha. Namun sebagian besar orang beranggapan bahwa hidup damai hanya dapat diperoleh jika sudah sukses secara jasmani. Anggapan tersebut mengakibatkan banyak orang begitu sibuk mengejar harta, takhta, dan status sosial yang tinggi. Akan tetapi, pada akhirnya segala susah payah mereka tidak mampu menjawab kebutuhan mereka. Rumah mewah, mobil mewah, jabatan, ketenaran, dan sebagainya, tidak menjamin hidup mereka damai.

Tidak secara kebetulan jika rhema hari ini mengingatkan kita bahwa sesungguhnya damai yang kita rindukan sudah disediakan oleh Tuhan. Yang Tuhan inginkan hanyalah ketaatan dan kesetiaan kita dalam melakukan firman-Nya, maka Tuhan pun akan mengerjakan bagian-Nya dalam Perjanjian Damai-Nya. Sekalipun keadaan yang sedang kita hadapi kurang menyenangkan atau jauh dari harapan kita, tetap akan ada damai yang mengaliri hati kita. Beranilah mengambil komitmen untuk taat dan setia melakukan kehendak-Nya, maka Dia akan memberikan damai sebagai salah satu aset terpenting bagi kita dalam menjalani hidup ini. Sehingga, keadaan apa pun yang kita alami, hati kita tidak akan terpengaruh oleh keadaan dan tetap merasakan sukacita ilahi.

RENUNGAN
DAMAI adalah salah satu ASET TERPENTING yang perlu kita miliki dalam perjalanan HIDUP kita.

APLIKASI
1. Apakah saat ini Anda merasa bahwa tidak ada damai yang Anda miliki dalam hidup Anda? Mengapa demikian?
2. Mengapa damai menjadi salah satu aset terpenting bagi kita dalam menjalani hidup?
3. Apa yang akan Anda lakukan agar Anda dapat memiliki damai dalam hidup Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, terima kasih untuk damai yang sudah Engkau sediakan bagi setiap kami. Ajar kami untuk dapat konsisten taat dan setia pada firman-Mu, sehingga kami memperoleh damai yang sudah Engkau janjikan bagi kami. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”