PERUBAHAN YANG DIAWALI NYALA API ROH KUDUS (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Keluaran 25-26
Matius 20:17-34

RHEMA HARI INI
Kisah Para Rasul 2:4 Maka penuhlah mereka dengan Roh Kudus, lalu mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain, seperti yang diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk mengatakannya.

Api adalah bagian penting dari kehidupan manusia semenjak masa prasejarah. Nyala api membawa perubahan drastis pada aktivitas umat manusia. Dengan menggunakan api, manusia mulai berani beraktivitas tidak hanya pada siang hari, tetapi juga dalam kegelapan malam. Api juga digunakan manusia untuk melindungi diri, karena hewan pemangsa serta serangga yang menggigit menghindari api dan asap. Beberapa kelompok manusia purba juga menggunakan api untuk berburu dan mengejar hewan pengganggu. Bahkan dengan belajar mengontrol api, manusia yang lemah secara fisik bisa berubah menjadi penguasa.

Ya, hanya orang-orang yang berhasil membuat api, menguasai, dan memanfaatkannyalah yang memperoleh kekuatan untuk berkuasa. Demikian juga dalam hal rohani, tanpa api, tidak ada kuasa Tuhan. Sama seperti manusia tanpa api yang kalah dengan hewan liar, tanpa api Roh Kudus, kita akan kalah dan tak berdaya saat menghadapi serangan musuh kita si iblis. Sebaliknya, saat roh seseorang terbakar dan menyala, maka kuasa Allah akan mudah mengalir dalam hidup kita. Kuasa Tuhan akan dimanifestasikan dalam hidup kita, dan kita akan menerima urapan untuk berkuasa. Dengan demikian, kita sanggup mengalahkan semua tantangan dan permasalahan yang menghadang kita.

Seberapa banyak dari kita yang hari-hari ini membiarkan api roh kita mendingin lalu memadam. Padahal, nyala api memiliki kekuatan untuk mengusir kegelapan yang tergelap sekalipun. Jangankan hanya menjaga api agar tetap menyala, kita bahkan perlu mengobarkan api lebih lagi. Sebab hanya dengan cara itulah, cahaya kobaran api Tuhan dalam diri kita bisa mengalahkan kegelapan yang mengintai setiap sudut hidup kita. Kalau sekarang ini kita mendapati api roh kita memadam, berserulah kepada Tuhan, biarkan api-Nya turun dan menyalakan api kita kembali. Percayalah, kita adalah manusia-manusia pilihan yang sudah dikaruniai dengan api Roh Kudus. Saat kita menyalakan api-Nya, kita akan menjadi penguasa dan tampil sebagai pemenang.

RENUNGAN
Perubahan akan MULAI TERJADI saat kita mulai MENYALAKAN API ROH KUDUS.

APLIKASI
1. Bagaimanakah keadaan api roh Anda hari-hari ini?
2. Mengapa nyala api Roh Kudus dapat membawa perubahan dalam hidup Anda?
3. Bagaimana Anda bisa mengobarkan api Roh Kudus dalam hidup Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, ampuni kami apabila hari-hari ini kami membiarkan nyala api-Mu dalam diri kami mendingin lalu memadam. Kami butuh api-Mu turun atas kami. Biarlah kami boleh menyala-nyala dalam-Mu dan membawa terang dalam kegalapan di sekeliling kami, sehingga banyak orang boleh melihat terang-Mu yang bercahaya dan memuliakan nama-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”