BERKAT PEMELIHARAAN TUHAN SEMPURNA DI SEGALA MUSIM (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Ayub 28-29
Kisah Para Rasul 13:1-25

RHEMA HARI INI
Ibrani 13:5 Janganlah kamu menjadi hamba uang dan cukupkanlah dirimu dengan apa yang ada padamu. Karena Allah telah berfirman: “Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau.”

Jika kita mendengar kata ‘berkat Tuhan’, pastilah yang terlintas dalam pikiran kita adalah hidup yang berkelimpahan atau paling tidak berkecukupan, usaha kita berhasil, tubuh yang sehat, anak-anak berhasil dalam pendidikan, dan semua hal yang menyenangkan serta sesuai dengan harapan kita. Lalu bagaimana dengan saat kita sedang mengalami kegagalan dalam usaha, pergumulan yang belum dijawab, masalah keuangan dan ekonomi keluarga, sakit-penyakit, anak-anak yang kurang berhasil dalam pendidikan mereka, atau kehilangan seseorang yang kita cintai. Apakah itu berarti bahwa hidup kita tidak diberkati oleh Tuhan?

Saat ini mungkin kita juga sedang diberkati oleh Tuhan dengan berkat yang melimpah, usaha yang sangat berhasil, kebahagiaan karena keberhasilan anak-anak dan orang-orang tercinta. Sampai-sampai kita melupakan Tuhan dan lupa mensyukuri apa yang telah Tuhan berikan dalam hidup kita. Namun, jika saat ini keadaan yang kita alami adalah sebaliknya, kita dalam kondisi tidak mengenakkan, usaha kita gagal, kita kehilangan pekerjaan, keluarga kita tidak harmonis, dan sebagainya, jangan sampai kondisi ini membuat kita putus asa. Berkat Tuhan tetap tersedia untuk kita yang mau percaya dan berharap. Berkat Tuhan juga berupa kekuatan agar kita mampu menghadapi setiap masalah. Dia senantiasa hadir untuk memberikan kekuatan dan penghiburan serta jalan keluar yang sama sekali tidak kita duga. Oleh karena itu, tetaplah bersandar dan berharap hanya kepada Tuhan.

Marilah kita senantiasa hidup secara konsisten dalam mengikuti jalan Tuhan, maka berkat pemeliharaan Tuhan dalam segala keadaan akan senantiasa disiapkan dan dicurahkan bagi kita yang mau percaya dan mengikuti jalan-Nya. Jadikan tahun 2021 menjadi tahun saat iman dan percaya kita akan penyertaan Tuhan dalam hidup kita semakin bertumbuh. Mulai hari ini, belajar untuk tetap bersyukur dalam segala keadaan, maka kita akan melihat bagaimana berkat untuk semua musim Tuhan sediakan bagi kita secara dahsyat sesuai dengan janji-Nya. Amin.

RENUNGAN
Musim di dunia BOLEH BERGANTI, tetapi BERKAT PEMELIHARAAN Tuhan TETAP SEMPURNA dalam KEADAAN APA PUN.

APLIKASI
1. Apakah Anda mempercayai bahwa berkat pemeliharaan Tuhan sempurna dalam segala keadaan? Mengapa demikian?
2. Menurut Anda, mengapa Tuhan terkadang izinkan kita berada dalam musim atau kondisi yang kurang baik?
3. Apakah Anda memiliki pengalaman pribadi tentang kesempurnaan berkat pemeliharaan di segala keadaan? Ceritakan!

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, kami sungguh bersyukur kami memiliki Tuhan yang hidup dan dahsyat. Kami melihat bagaimana pertolongan-Mu, tuntunan-Mu, dan perlindungan-Mu begitu nyata. Bahkan kami merasakan, berkat-Mu tetap sempurna dalam hidup kami. Ajar kami untuk senantiasa dapat mengucap syukur kepada-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”