JENIS DAMAI SEJAHTERA YANG HENDAK TUHAN BERIKAN (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Mazmur 57-59
Roma 4

RHEMA HARI INI
Mazmur 4:8-9 Engkau telah memberikan sukacita kepadaku, lebih banyak dari pada mereka ketika mereka kelimpahan gandum dan anggur. Dengan tenteram aku mau membaringkan diri, lalu segera tidur, sebab hanya Engkaulah, ya TUHAN, yang membiarkan aku diam dengan aman.

Sudah seminggu Dina mengalami insomnia. Setiap kali hendak memejamkan mata, ada-ada saja pikiran menggelisahkan bermunculan di hatinya. Akibatnya ia mulai mengalami nyeri tengkuk dan vertigo yang mengganggu aktivitasnya di siang hari. Pekerjaan Dina pun semakin banyak yang tidak terselesaikan, sehingga beban pikiriannya semakin menumpuk. Namun, melalui sharing temannya saat sedang mengikuti komsel online, ia disadarkan betapa ia perlu untuk mencari Tuhan. Ia pun mulai membangun kembali kehidupan saat teduhnya. Meski awalnya berat, tetapi kian hari ia semakin merasakan hadirat Tuhan dan ketenangan di batinnya. Seiring waktu, insomnia dan vertigonya pun sembuh. Dina bisa tidur nyenyak setiap malamnya, sehingga siang harinya ia bisa melakukan semua pekerjaannya dengan badan yang segar dan pikiran yang jernih.

Sering kali kita mengalami apa yang dialami Dina. Semua tampak baik-baik saja. Kita rutin mengikuti ibadah, bahkan melayani dengan baik. Namun, di saat tertentu, akibat rutinitas dan pergumulan hidup yang berat, kita mulai dikuasai oleh kecemasan dan damai sejahtera kita lama-kelamaan memudar. Berita baiknya, Tuhan menyediakan damai sejahtera yang berkelimpahan bagi kita. Seperti yang pemazmur katakan dalam rhema hari ini, kita perlu menyadari bahwa hanya Tuhanlah sumber kelimpahan gandum dan anggur dalam diri kita. Bukan hanya secara jasmani saja, tetapi lebih terutama secara rohani. Itu sebabnya, kita boleh dengan tenang membaringkan diri, lalu segera tidur.

Ya, di tengah berbagai tekanan yang kita alami, kita perlu masuk ke dalam perjanjian damai, yang diawali dengan masuk dalam hadirat Tuhan dan membangun keintiman dengan Roh Kudus. Keintiman inilah kunci utama dalam menjaga damai sejatera kita. Gereja kita menyediakan Pondok Daud online 24 jam non-stop, sarana ini bisa kita gunakan agar anggur baru dalam roh kita tetap terjaga. Kita juga bisa mengikuti Mezbah Doa Pagi agar kita dapat mengawali hari kita dengan hadirat Tuhan sepanjang hari. Mari kita lebih lagi menjaga hadirat-Nya tetap menaungi kita, seperti tiang awan dan tiang api.

RENUNGAN
Tuhan ingin memberikan DAMAI SEJAHTERA yang TIDAK PERNAH KERING dan KEBAHAGIAAN YANG BERLIMPAH bagi kita.

APLIKASI
1. Usaha apa saja yang selama ini Anda lakukan mendapatkan damai sejahtera kembali? Bagaimanakah hasilnya?
2. Mengapa Anda perlu membuat perjanjian damai sejahtera dengan Roh Kudus?
3. Apa yang dapat Anda lakukan agar damai sejatera tetap memenuhi hati Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa, kami mengucap syukur atas ketenangan dan damai sejahtera ilahi yang kami terima. Ampuni kami Tuhan, sering kali kami melepas damai sejahtera dalam diri kami dengan hal-hal yang mendukakan hati-Mu. Ajar kami, Bapa, untuk menjaga hati kami, agar damai sejahtera-Mu tetap utuh terjaga. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”