YANG GELAP DIGANTI MENJADI TERANG (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Hakim-Hakim 19-21
Lukas 7:31-50

BACAAN HARI INI
Yesaya 60:15-22

RHEMA HARI INI
Yesaya 60:15 Sebagai ganti keadaanmu dahulu, ketika engkau ditinggalkan, dibenci dan tidak disinggahi seorangpun, sekarang Aku akan membuat engkau menjadi kebanggaan abadi, menjadi kegirangan turun-temurun.

Setiap orang mempunyai masa lalu, dan masa lalu itu tidaklah selalu indah untuk dikenang. Malah terkadang masa lalu bisa begitu membekas sehingga terbawa dan mempengaruhi karakter serta cara berpikir seseorang. Hal itu pun menimbulkan bayang-bayang ketakutan, kecemasan, atau perilaku tertentu yang sering kali kita sendiri tidak dapat menjelaskannya. Dunia medis, khususnya psikologi, menyebutnya sebagai trauma masa lalu.

Seseorang yang pernah ditinggalkan oleh orang yang sangat dicintai dan berharga dalam hidupnya, akan selalu merasa insecure atau tidak aman. Ia akan cenderung berbuat apa saja untuk menyenangkan orang lain supaya ia tidak lagi ditinggalkan. Seorang yang pernah berada dalam situasi dibenci dan tidak dianggap keberadaannya, entah itu karena kesalahannya sendiri atau faktor lain di luar kendalinya, bisa menjadi seorang yang sikapnya sangat menjengkelkan, membangkang, memberontak, atau bahkan menutup diri. Perilaku ini ditunjukkan sebagai tanda bahwa ia tidak mau lagi peduli akan perasaan orang lain, padahal sebenarnya ia sedang menutupi perasaan kesepian dan tidak berharga.

Apa pun yang pernah kita alami dulu, sadarilah bahwa sampai kapan pun kita tak akan pernah bisa mengubah masa lalu. Kita boleh menyesal atau malu atas perbuatan kita, tetapi jadikanlah hal ini sebagai pelajaran yang sangat berharga, bukan sebagai batu penghalang masa depan kita. Ingatlah janji Tuhan, “Sebagai ganti keadaanmu dahulu, ketika engkau ditinggalkan, dibenci dan tidak disinggahi seorangpun, sekarang Aku akan membuat engkau menjadi kebanggaan abadi, menjadi kegirangan turun temurun.” Percayalah, Tuhan sanggup mengganti masa lalu kita yang gelap menjadi masa depan yang terang benderang dan penuh harapan. Saat kita menyerahkan diri sepenuhnya, termasuk masa lalu kita ke dalam tangan kasih anugerah Tuhan, maka Dia akan berkarya. Dia akan mengobati, memperbaiki, mengubahkan, dan memulihkan kita secara total, bahkan jauh melebihi apa yang berani kita harapkan. (PF)

RENUNGAN
Tuhan akan MENGGANTI masa lalu kita yang gelap menjadi MASA DEPAN YANG TERANG BENDERANG.

APLIKASI
1. Adakah sesuatu yang kelam di masa lalu yang membuat Anda masih terbelenggu sampai saat ini?
2. Bagaimana masa lalu berpengaruh dalam kehidupan yang Anda jalani sekarang?
3. Apa komitmen Anda pada Tuhan yang sanggup mengganti masa lalu Anda yang gelap menjadi masa depan yang terang benderang?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, Engkau yang tak pernah mempersoalkan masa lalu kami, Engkau yang menerima kami dalam keadaan kami yang paling terpuruk, kepada-Mu kami mau setia seumur hidup kami. Terus bentuk kami agar semakin sesuai dengan keinginan-Mu dan berhasil menggenapi rencana-Mu atas hidup kami. Terima kasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”