PERLINDUNGAN ILAHI DI BALIK MANDAT TUHAN (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Keluaran 27-28
Matius 21:1-22

BACAAN HARI INI
Yesaya 61:1-11

RHEMA HARI INI
Yesaya 61:1 Roh Tuhan ALLAH ada padaku, oleh karena TUHAN telah mengurapi aku; Ia telah mengutus aku untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang sengsara, dan merawat orang-orang yang remuk hati, untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan kepada orang-orang yang terkurung kelepasan dari penjara,

Ayah Vani adalah seorang pendeta dan sering kali ayahnya mengajak Vani ketika akan berkotbah di luar kota. Hari itu mereka berangkat ke Semarang dengan mobil, tetapi di tengah perjalanan tiba-tiba saja ban mobil yang mereka kendarai meletus dengan sangat keras. Ayah Vani pun kehilangan kontrol untuk keseimbangan mobil itu, sehingga ia terpaksa harus membanting setir ke kiri jalan agar tidak menabrak kendaraan lain. Akibatnya mobil tersebut menabrak pohon dengan kencang dan mereka sedikit terbanting. Namun, sekalipun mengalami kecelakaan, kondisi Vani dan ayahnya tidak terluka sedikit pun. Dalam kondisi masih kebingungan, Vani teringat ayahnya pernah berkata: “Ketika Tuhan memberi kita tugas untuk menyelamatkan jiwa-jiwa, Tuhan pasti akan menyertai dan menolong kita.”

Kisah Vani tidak jauh berbeda dengan kisah Rasul Paulus dalam perjalanannya menuju Roma. Ketika itu kapal yang ditumpangi Rasul Paulus digoncang badai yang sangat dahsyat. Cuaca di laut kala itu sangat buruk. Baik siang dan malam langit ditutupi awan yang dibawa badai, sehingga orang-orang di kapal itu tidak dapat melihat matahari atau bintang-bintang untuk menentukan arah kapal. Dalam situasi yang sulit itu, Rasul Paulus berkata: “Tetapi sekarang, juga dalam kesukaran ini, aku menasihatkan kamu, supaya kamu tetap bertabah hati, sebab tidak seorang pun di antara kamu yang akan binasa, kecuali kapal ini” (Kis. 27:22). Paulus tidak perlu khawatir bahwa ia akan mati di laut, sebab Tuhan telah menentukan bahwa ia akan pergi ke Roma dan harus menghadap Kaisar.

Kisah-kisah di atas menyadarkan kita, bahwa ketika kita hidup seturut rencana serta panggilan Tuhan, maka penyertaan dan pertolongan Tuhan pasti nyata dalam hidup kita. Terutama ketika kita melangkah untuk mewujudkan kerinduan Tuhan atas jiwa-jiwa. Apa pun badai kelam yang tengah menerpa hidup kita, pasti akan dibuahkan-Nya menjadi pelangi kemuliaan-Nya, sehingga kita pun bisa menunaikan mandat-Nya tanpa halangan yang berarti.

RENUNGAN
Tuhan akan MENYELAMATKAN kita sebab Dia sudah memberikan kita mandat untuk MEMBEBASKAN bangsa ini DARI KEGELAPAN.

APLIKASI
1. Bagaimana sikap hati Anda selama ini dalam menanggapi mandat Tuhan dalam hidup Anda?
2. Apa yang terjadi ketika Anda berjalan untuk melaksanakan mandat yang Tuhan berikan?
3. Bagaimana Anda mengatasi atau menghadapi segala badai dalam hidup Anda dalam perjalanan Anda melaksanakan mandat dari Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, terima kasih untuk segala kebaikan-Mu bagi kami. Kami bersyukur Engkau memilih kami untuk menerima mandat membebaskan bangsa dari kegelapan. Kami percaya, Engkau senantiasa menyertai dan menolong kami, sehingga kami dapat melaksanakan mandat yang Engkau berikan dalam hidup kami. Terima kasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”