ANGIN ROH KUDUS YANG MEMBAWA KEMULIAAN TUHAN [REKA]

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Kejadian 4-6
Matius 2

BACAAN HARI INI
Ayub 37:14-24

RHEMA HARI INI
Ayub 37:22 Dari sebelah utara muncul sinar keemasan; Allah diliputi oleh keagungan yang dahsyat.

Sudah beberapa hari ini Siti melihat rumah tetangganya kosong. Ia pun penasaran dan bertanya kepada ibunya, “Ma, tetangga depan rumah itu pergi kemana, ya? Sudah beberapa hari ini kosong rumahnya.” Ibunya balik bertanya kepadanya, “Memangnya kamu tahu dari mana kalau rumah itu kosong?” Siti lalu menyahut, “Pasti tidak ada orang di rumah itu karena lampu rumahnya selalu mati. Sudah beberapa hari ini, rumah itu selalu gelap, Ma.”

Perbincangan antara Siti dan ibunya sungguh menggambarkan korelasi antara hadirat dan kemuliaan Tuhan. Di mana ada hadirat Tuhan, maka otomatis sinar kemuliaan-Nya pun akan tampak dan terpancar keluar. Apabila kehadiran seseorang di dalam rumah saja bisa sangat terlihat dari luar, terlebih lagi bila ada kehadiran Sang Raja Kemuliaan dalam hidup kita. Itulah yang terlihat dari Musa yang baru saja turun dari Gunung Sinai setelah berhadapan dengan Tuhan. Wajahnya bercahaya sampai-sampai orang-orang takut untuk mendekatinya (Kel. 34:29-30).

Di masa-masa pandemi ini, mungkin banyak di antara kita yang hidupnya tampak gelap. Penghasilan kita berkurang atau kita bahkan kehilangan mata pencaharian. Usaha dan impian kita pun banyak yang mengalami perlambatan. Ketakutan dan keputusasaan kerap mewarnai hari-hari kita. Namun, Tuhan memiliki satu kabar baik bagi kita. Dia hendak menghembuskan angin Roh Kudus dari Utara ke tengah-tengah kita. Hal itu berarti hadirat dan kemuliaan Tuhan akan segera dinyatakan dengan dahsyatnya di tengah-tengah kita. Ketika ada hadirat Tuhan dalam hidup kita, maka segala kegelapan yang selama ini meliputi kehidupan kita akan digantikan dengan terang-Nya yang ajaib. Bagai lampu yang bercahaya terang benderang, hadirat Tuhan akan mendatangkan kemuliaan demi kemuliaan dalam hidup setiap kita.

RENUNGAN
ANGIN ROH KUDUS dari UTARA berbicara tentang HADIRAT dan KEMULIAAN TUHAN.

APLIKASI
1. Apakah yang dimaksud dengan angin Roh Kudus dari utara?
2. Mengapa ada atau tidaknya hadirat Tuhan dapat membawa dampak yang begitunyata?
3. Menurut Anda, apa yang akan terjadi ketika angin Roh Kudus dari utara itu berhembus di tengah-tengah kita?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan, terima kasih untuk hembusan angin Roh Kudus-Mu dalam hidup setiap kami. Kami sangat membutuhkan kehadiran-Mu dalam hidup setiap kami, ya Tuhan. Kami mau mengundang Engkau untuk datang, bersemayam dan bertakhta dalam hidup kami. Nyatakanlah kemuliaan-Mu, ya Bapa, sehingga melalui hidup kami, banyak orang boleh melihat terang-Mu yang ajaib. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”