Strategi Tuhan Yang Sanggup Membawa Kemenangan Besar [REKA]

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Mazmur 137-139
1 Korintus 13

BACAAN HARI INI

Yosua 5:1-12

RHEMA HARI INI

Yosua 5:10 Sementara berkemah di Gilgal, orang Israel itu merayakan Paskah pada hari yang keempat belas bulan itu, pada waktu petang, di dataran Yerikho.

Ada sebuah peristiwa yang sangat bermakna setelah bangsa Israel berhasil menyeberangi sungai Yordan, yaitu ketika mereka mengadakan sunat massal atas instruksi Tuhan melalui Yosua. Secara manusia, itu adalah hal yang tidak biasa, kurang perhitungan, dan menantang bahaya. Bangsa-bangsa yang ada disana bisa saja menyerang mereka kapan saja. Terlebih jika mengetahui kondisi mereka yang sedang ada di masa pemulihan setelah melakukan penyunatan. Dengan sangat mudah mereka bisa dikalahkan. Namun, setelah penyunatan massal, untuk pertama kalinya, generasi baru dari Israel mengadakan perayaan Paskah. Ini bukan suatu kebetulan, sebab arti paskah adalah “PassOver” atau “dilewati” serta gambaran atas kemenangan Yesus setelah kematiannya di atas kayu salib untuk memberikan keselamatan dan jaminan kemenangan kepada setiap kita yang percaya.

Mungkin hikmat dan strategi yang Tuhan berikan di luar akal kita. Namun kita harus tahu, Tuhan tidak pernah main-main dengan instruksi-Nya. Meski penyunatan massal dan perayaan paskah harus mereka lakukan di medan musuh, ITU ADALAH SESUATU YANG SANGAT PENTING. Setelah perayaan paskah itu, ada keberanian yang membawa kemenangan bagi bangsa Israel saat mereka bergerak mengambil alih kota-kota dan bangsa-bangsa di Tanah Perjanjian.

Itu sebabnya, jika Tuhan mengingatkan kita melalui para pemimpin gereja tentang pentingnya perayaan Paskah bagi kita semua, mari kita sadari bahwa ini bukanlah sebuah kebetulan. Tuhan ingin kita memaknai perayaan Jumat Agung dan Paskah lebih mendalam lagi, karena Dia ingin kuasa yang ada di balik perayaan Paskah itu lebih lagi bermanifestasi dalam hidup kita. Karena inilah momentum yang tepat untuk kita semua semakin bangkit mengemban tugas pengambilalihan bangsa-bangsa. Mari kita responi sungguh-sungguh pesan Tuhan ini dan lihatlah apa yang akan Tuhan kerjakan melalui hidup kita. Ketakutan akan dihancurkan, Tuhan akan impartasikan keberanian, dan akan ada kemenangan demi kemenangan, sehingga nama Tuhan semakin dipermuliakan. Haleluya!

RENUNGAN

PASKAH bukanlah sekedar perayaan, tetapi ada KUASA YANG BESAR dalam Paskah.

APLIKASI

1. Sadarkah Anda bahwa ada kuasa yang besar di dalam paskah yang harus Anda ketahui dan dapatkan? Mengapa demikian?
2. Kabar apakah di hari-hari ini yang menimbulkan kekuatiran dan ketakutan bagi Anda secara pribadi?
3. Bagaimana cara Anda untuk melawan ketakutan itu? Tuliskan komitmen Anda!

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan Yesus, terima kasih atas petunjuk-petunjuk-Mu yang terus membimbing kami sampai saat ini. Kami tahu dan percaya, ya Tuhan, bahwa petunjuk-Mu itulah yang akan semakin membawa kami masuk dalam penggenapan Yesaya 60 terjadi atas kami. Berikan kami kekuatan untuk terus hidup dalam petunjuk-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”