DAMPAK YANG KITA RASAKAN SAAT MENYADARI HADIRAT TUHAN (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Mazmur 60-62
Roma 5

RHEMA HARI INI
Mazmur 23:4 Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku; gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku

Suatu hari, ada sekelompok orang sedang berada dalam sebuah perahu untuk berlayar ke daerah seberang. Pada awal perjalanan, keadaan tampak baik-baik saja. Hingga di tengah perjalanan, tiba-tiba mereka merasakan hembusan angin yang cukup kencang dan perahu itu diterpa gelombang air. Perahu itu pun terombang-ambing dan membuat semua penumpang di dalam perahu ketakutan. Dalam keadaan panik dan ketakutan, sebagian besar dari mereka sudah membayangkan bagaimana jika mereka tenggelam, tidak dapat diselamatkan, dan pikiran-pikiran negatif lainnya.

Di saat semua orang terlihat panik dan ketakutan, ada satu penumpang yang terlihat tenang dan tertidur. Dia adalah Yesus, Guru dari para murid yang sedang ketakutan karena perahu mereka diterjang ombak. Murid-murid itu pun pada akhirnya membangunkan Yesus. Dengan tetap tenang, Yesus berkata, “Mengapa kamu takut, kamu yang kurang percaya?” (Mat. 8:26). Lalu Dia menghardik angin, dan seketika itu juga danau itu menjadi teduh kembali. Mengapa Tuhan menyebut murid-murid-Nya sebagai orang yang kurang percaya? Ya, karena mereka tidak menyadari bahwa dari sejak awal Tuhan Yesus yang berkuasa atas segalanya ada di dalam perahu, sehingga damai sejahtera mereka tersingkirkan oleh kekhawatiran dan ketakutan.

Tanpa kita sadari, sering kali kita seperti murid-murid Tuhan Yesus. Saat kita diterpa badai permasalahan dalam hidup kita, respons pertama kita adalah ketakutan. Kita lupa bahwa kita memiliki Tuhan Yesus, Sang Raja Damai itu. Apabila kita renungkan, ketakutan yang sering kali kita rasakan, tidak mampu menyelesaikan masalah kita, yang ada malah semakin memperburuk masalah atau keadaan. Namun, ketika kita memenuhi diri kita dengan hadirat Tuhan, kita akan selalu diingatkan akan kasih dan kuasa-Nya yang mampu mengatasi segalanya. Saat fokus kita terus tertuju kepada Tuhan, badai apa pun yang menerpa kita, tidak akan membuat kita ketakutan dan khawatir. Karena kita tahu, bahwa Tuhan ada bersama dengan kita dan pasti menyelamatkan kita. (LEW)

RENUNGAN
MENYADARI HADIRAT Tuhan dalam hidup kita membuat kita selalu DIPENUHI DENGAN DAMAI sejahtera Allah.

APLIKASI
1. Apakah Anda sungguh-sungguh menyadari ada hadirat Tuhan dalam hidup Anda? Jika sudah atau belum, mengapa?
2. Menurut Anda, mengapa menyadari hadirat Tuhan bisa membuat kita hidup penuh dengan damai sejahtera?
3. Apa saja yang Anda rasakan ketika Anda menyadari hadirat-Nya dalam hidup Anda? Tuliskan!

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, kami mengucap syukur karena kami merasakan hadirat-Mu memenuhi hidup kami. Kami percaya, keadaan apa pun yang sedang kami hadapi saat ini, Engkau tetap bersama kami dan akan menolong kami. Sehingga kami tetap merasakan damai sejahtera dalam hati kami. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”