TINGKATKAN KEDISIPLINAN ROHANI [REKA]

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Yesaya 14-16
Efesus 5:1-16

BACAAN HARI INI
Efesus 6:10-20

RHEMA HARI INI
Efesus 6:10-11 Akhirnya, hendaklah kamu kuat di dalam Tuhan, di dalam kekuatan kuasa-Nya. Kenakanlah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat bertahan melawan tipu muslihat Iblis;

Tahun 2020 adalah benar-benar tahun yang menakjubkan bagi anak-anak Tuhan yang sungguh-sungguh hidup dalam Tuhan, tetapi juga menjadi tahun yang menegangkan dan menakutan bagi banyak orang di dunia. Banyak yang bertanya, “Mengapa Tuhan seolah-olah membiarkan begitu banyak peristiwa yang kurang baik terjadi?” Memang benar, Tuhan izinkan semua hal tersebut terjadi. Namun dengan satu maksud. Yaitu supaya pertobatan besar-besaran terjadi atas seluruh bumi. Karena Tuhan mau, sebelum kedatangan-Nya yang kedua kali, jiwa-jiwa sungguh-sungguh kembali kepada Tuhan dan diselamatkan. Kita pun boleh melihat fenomena tersebut mulai terjadi. Jiwa-jiwa mulai berbondong-bondong datang pada Tuhan. Mereka tidak hanya sekedar rajin beribadah, tetapi mereka juga bersungguh-sungguh datang mencari wajah Tuhan.

Dalam masa Perjanjian Lama di zaman Daniel, ketika Yerusalem diserang dan bait Tuhan dihancurkan, Daniel tidak lagi bisa beribadah kepada Allah. Meski demikian, ia memiliki ketahanan iman yang luar biasa. Ia tidak menjadi lemah atau goyah dalam imannya. Sehari tiga kali, ia konsisten bersujud di dalam kamarnya untuk menyembah Tuhan (Dan. 6:10). Bagaimana dengan kita? Masih adakah kerinduan untuk beribadah kepada Tuhan? Jangan-jangan ibadah kita sudah menjadi ritual keagamaan, atau bahkan kita sudah tidak beribadah lagi. Jangan sampai kita yang terdahulu menjadi yang terkemudian karena kemalasan kita.

Amsal 12:27 berkata, “Orang malas tidak akan menangkap buruannya, tetapi orang rajin akan memperoleh harta yang berharga.” Bukankah firman Tuhan adalah harta yang berharga? Mari, sekalipun hari-hari ini kita beribadah di rumah, janganlah hendaknya kerajinan kita mengendor. Tingkatkan kedisiplinan rohani kita, sehingga kita bisa menjadi raksasa iman yang terus berkemenangan di tengah masa sukar. Menjadi kuat dalam Tuhan, dengan seluruh perlengkapan senjata Allah yang ada, sehingga kita bisa bertahan melawan tipu muslihat Iblis, memperoleh harta rohani yang berharga yang Tuhan janjikan, dan memiliki ketahanan iman yang kuat yang akan membawa kita dari kemenangan kepada kemenangan, dari kemuliaan kepada kemuliaan.

RENUNGAN
Sekalipun kita BERIBADAH DI RUMAH, tingkatkanlah KEDISIPLINAN ROHANI kita, sehingga kita bisa menjadi RAKSASA IMAN di masa sukar.

APLIKASI
1. Apakah Anda masih mengikuti ibadah online di rumah masing-masing dengan disiplin?
2. Apa akibatnya jika Anda kendor atau malas untuk beribadah kepada Tuhan? Jelaskan!
3. Bagaimana caranya agar Anda dapat menjadi raksasa-raksasa rohani di masa sukar?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa, terima kasih atas firman-Mu hari ini. Ampuni kami, jika kami mulai menjadi malas untuk beribadah kepada-Mu.
Kami mau membangun kembali komitmen kami untuk disiplin dan bergelora mencari wajah Tuhan, karena kami mengerti, Engkau melebihi semua harta berharga apa pun yang ada di dunia ini. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”