MENGASIHI TUHAN DALAM SEGALA SITUASI (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Bilangan 29-31
Markus 9:1-29

RHEMA HARI INI
Ulangan 11:13-14 Jika kamu dengan sungguh-sungguh mendengarkan perintah yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, sehingga kamu mengasihi TUHAN, Allahmu, dan beribadah kepada-Nya dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu, maka Ia akan memberikan hujan untuk tanahmu pada masanya, hujan awal dan hujan akhir, sehingga engkau dapat mengumpulkan gandummu, anggurmu dan minyakmu

Ada seorang lelaki yang sedang jatuh cinta kepada seorang gadis. Namun sayangnya, mereka harus terpisah jarak. Karena si wanita sedang menempuh studi di kota, sedangkan si pria tinggal di desa. Akan tetapi, situasi tersebut tidak mengurung niat si lelaki untuk bertemu dan menunjukkan rasa sayang kepada si wanita. Terbukti, si pria rutin untuk menjemput pacarnya tiap akhir pekan. Walau jarak tempuh dari desa ke kota tempat kuliah pacarnya kira-kira lima jam. Total sepuluh jam perjalanan yang ditempuh si pria hanya untuk pulang-pergi.

Dari kisah dua insan yang sedang jatuh cinta ini, tentu dapat ditarik sebuah pelajaran yang sederhana, bahwa saat seseorang sedang jatuh cinta, orang yang ia cintai akan menjadi pusat hidupnya, sehingga ia akan mengasihinya dalam segala situasi. Begitu pula saat kita menjadikan Tuhan sebagai pusat hidup kita, maka setiap tindakan, pikiran, dan kepercayaan kita haruslah berdasarkan firman. Sehingga saat mengalami lahir baru dan kepenuhan kasih Kristus yang sudah berkorban bagi kita di atas kayu salib, kita akan dimampukan untuk mengasihi Tuhan di segala waktu dan situasi.

Tuhan Yesus sendiri memanifestasikan kasih-Nya kepada kita bukan hanya melalui firman-Nya, teapi juga mengerjakannya dengan mengorbankan diri-Nya di atas kayu salib demi menebus kita. Itu sebabnya, mulai saat ini mari ambil keputusan untuk menjadikan Tuhan pusat hidup kita. Sehingga, situasi apa pun yang sedang kita hadapi saat ini, kita tetap bisa mengasihi Tuhan. Kita akan berjalan dalam firman-Nya dan melakukan kehendak-Nya dalam hidup kita. Maka, kita akan melihat bagaimana karya Tuhan dinyatakan begitu luar biasa dalam hidup kita. Kita akan dimampukan mengasihi Tuhan dengan segenap hati dan melakukan segala firman serta perintah-Nya yang mungkin sebelumnya terasa berat, sehingga kemuliaan Tuhan pun semakin dinyatakan dalam hidup kita.

RENUNGAN
Jadikan TUHAN PUSAT HIDUP KITA dengan SEGENAP HATI MENGASIHI-NYA di SEGALA WAKTU DAN SITUASI.

APLIKASI
1. Apa yang dimaksud dengan Tuhan pusat hidup kita? Sudahkah Anda menjadikan Tuhan pusat hidup Anda?
2. Menurut Anda, mengapa kita perlu menjadikan Tuhan sebagai pusat hidup kita?
3. Bagaimana kita dapat menjadikan-Nya demikian dengan segenap hati? Tuliskanlah.

DOA UNTUK HARI INI
“Roh Kudus tuntun kami agar kami senantiasa menjadikan Tuhan pusat hidup kami dan semakin bertumbuh dalam pengenalan akan Tuhan, sehingga kami boleh mengalami kasih karunia demi kasih karunia Tuhan dalam hidup kami. Roh Kudus, tuntun kami untuk dapat dengan segenap hati mengasihi Tuhan di segala waktu dan situasi kami. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”