KASIH KARUNIA YANG SANGGUP MELUPUTKAN BADAI KELAM (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Keluaran 29-30
Matius 21:23-46

BACAAN HARI INI
Yesaya 54:1-17

RHEMA HARI INI
Yesaya 54:10 Sebab biarpun gunung-gunung beranjak dan bukit-bukit bergoyang, tetapi kasih setia-Ku tidak akan beranjak dari padamu dan perjanjian damai-Ku tidak akan bergoyang, firman TUHAN, yang mengasihani engkau.

Tuhan adalah Tuhan yang tidak pernah berubah. Dahulu, sekarang, dan selamanya. Dia Tuhan yang sangat mengasihi kita, anak-anak-Nya dan menginginkan sebanyak mungkin orang diselamatkan dan tidak binasa (2Ptr. 3:9b). Seperti ketika Tuhan hendak meluluhlantakkan Sodom dan Gomora, Dia teringat kepada Lot dan keluarganya. Saat itu Tuhan menyelamatkan dan memastikan Lot terhindar dari bencana besar itu. Ketika Tuhan hendak mendatangkan air bah yang mematikan di zaman Nuh, Dia pun tidak lupa akan keberadaan Nuh yang hidup dekat dengan-Nya. Tuhan menyelamatkan Nuh dan keluarganya, sementara yang lainnya harus binasa. Begitu juga dengan bangsa Isreal yang ada di Mesir. Tulah boleh datang atas orang Mesir, tetapi Tuhan membuat perbedaan antara anak-anak-Nya dan yang bukan.

Jika di masa yang lalu Tuhan dengan sangat jelas menunjukkan kasih dan kesetiaan-Nya kepada anak-anak yang dikasihi-Nya, maka percayalah bahwa Tuhan tetap melakukannya bagi kita semua. Di tengah-tengah masa kegelapan ini pun kesetiaan Tuhan tetap tidak berubah, bahkan kasih dan penjagaan-Nya semakin besar dicurahkan atas kita. Sama seperti seorang ayah yang akan lebih ekstra menjaga anaknya ketika anaknya harus berjalan melewati bahaya, demikian juga Tuhan atas kita. Dia tidak akan pernah melupakan dan membiarkan kita binasa. Justru semakin gelap jalannya, semakin erat Dia ingin menggandeng tangan kita untuk meluputkan kita dari bahaya.

Karena itu, jangan takut, jangan bimbang, dan janganlah menjadi lemah. Selama kita mendekat, mau bergaul lebih dalam, dan terus mencari tuntunan-Nya, maka lihatlah, bukan lagi kita yang mencari-cari pertolongan, tetapi tuhan sendiri yang akan datang melimpahi kita dengan kasih karunia-Nya, sehingga kita diluputkan serta dibawa untuk melihat pelangi yang indah di balik kegelapan yang ada. Haleluya!

RENUNGAN
Meski badai kelam melanda seluruh dunia, KASIH KARUNIA TUHAN ada bersama orang-orang yang HIDUP BERGAUL dengan-Nya.

APLIKASI
1. Aspek hidup Anda yang mana yang kini bagai dilanda kegelapan?
2. Sudahkah Anda memiliki hidup yang bergaul erat dengan Tuhan? Apa yang sudah Anda lakukan?
3. Menurut Anda, apakah Tuhan sanggup membawa Anda keluar dari kegelapan yang datang dalam hidup Anda? Mengapa Dia ingin melakukannya?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa, terima kasih karena Engkau adalah Allah yang setia. Kami percaya penjagaan dan penyertaan-Mu nyata atas kami, dan Engkau sanggup meluputkan, membebaskan, dan membawa kami keluar dari segala mara bahaya. Berikan kami kekuatan, ya Tuhan, supaya kami tetap menjaga hidup kami berkenan dan dekat dengan-Mu, supaya kami bisa terus merasakan kasih karunia yang dari pada-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”