MERASAKAN HADIRAT ALLAH SECARA NYATA (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Mazmur 63-65
Roma 6

RHEMA HARI INI
Yohanes 14:16-17 Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.

Sejak lahir, David dibesarkan oleh orangtuanya secara Kristen. Itu sebabnya ia selalu merasa bahwa ia hanyalah Kristen KTP saja. Sekalipun ia berdoa setiap hari dan ke gereja setiap minggu, itu hanyalah sebuah rutinitas saja. Hingga suatu hari, mertuanya datang berkunjung ke rumahnya setelah menghadiri perayaan HUT gereja mereka, GBI Keluarga Allah. Dengan penuh semangat, mertuanya menceritakan betapa luar biasanya Unlimited Conference (UC) tahun itu yang rasanya sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Tiba-tiba saja timbul rasa penasaran di hatinya, maka ia pun memutuskan untuk pergi ke Jogja bersama istri dan anaknya karena saat itu UC yang di Solo telah usai.

Selama dua hari mengikuti UC, David selalu datang dengan hati yang haus dan fokus kepada Roh Kudus. Bahkan hingga perjalanan pulang ke Solo, hatinya masih berkobar-kobar. Ia merasakan sesuatu yang berbeda di dalam dirinya. Aktivitas sehari-harinya pun berubah, sekarang ia selalu mendengarkan khotbah, bahkan rajin bersaat teduh setiap pagi. Kemudian suatu hari, saat sedang berdoa, ia dapat merasakan Tuhan memeluknya dengan hangat dari belakang tubuhnya. David dapat merasakan kasih Tuhan yang begitu nyata dan tanpa ia sadari, air matanya menetes dan diikuti dengan bahasa baru yang keluar begitu saja dari bibirnya.

Momen ketika kita merasakan pengalaman nyata bersentuhan dengan hadirat Allah memang begitu luar biasa dan tak terlupakan. Sama halnya seperti saat kita menyentuh api, maka kita bisa merasakan panas, atau saat kita menyentuh es, kita bisa merasakan dingin. Begitu pula saat roh kita bersentuhan dengan Roh Kudus, kita bisa sungguh-sungguh merasakan hadirat-Nya. Sebab sesungguhnya kita ini adalah manusia roh yang memiliki jiwa dan tinggal di dalam tubuh. Saat kita mengarahkan roh kita kepada Roh Kudus dan masuk dalam hadirat-Nya, kita akan bisa merasakan kedahsyatan damai sejahtera-Nya. Mulailah melangkah untuk mengarahkan roh kita kepada Roh Kudus, karena Tuhan pun rindu menyatakan hadirat-Nya kepada kita.

RENUNGAN
Ketika ROH KITA diarahkan kepada ROH KUDUS, itulah saatnya kita merasakan pengalaman nyata BERSENTUHAN DENGAN HADIRAT Allah.

APLIKASI
1. Menurut Anda, mengapa kita perlu mengarahkan roh kita kepada Roh Kudus?
2. Pernahkah Anda mengalami pengalaman nyata bersentuhan dengan hadirat Tuhan? Apa yang Anda rasakan saat itu?
3. Menurut Anda, mengapa kita memerlukan hadirat Allah dalam hidup kita?

DOA UNTUK HARI INI
β€œRoh Kudus, kami percaya Engkau senantiasa hadir bersama kami. Kami rindu dapat terus merasakan jamahan-Mu, ya Roh Kudus. Ajar kami untuk senantiasa dapat mengarahkan roh kami kepada-Mu, sehingga kami bisa merasakan aliran air kehidupan mengalir dalam hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”