BERITA BAIK ATAS HADIRAT DAN KEMULIAAN TUHAN [REKA]

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Kejadian 10-12
Matius 4

BACAAN HARI INI
Roma 8:31-39

RHEMA HARI INI
Roma 8:39 atau kuasa-kuasa, baik yang di atas, maupun yang di bawah, ataupun sesuatu makhluk lain, tidak akan dapat memisahkan kita dari kasih Allah, yang ada dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.

Adalah sebuah kebahagiaan bagi seorang ayah jika ia bisa dekat dan ‘hadir’ dalam kehidupan anak-anaknya. Walau kehadirannya terkadang ada dalam wujud pendisiplinan, membawa anaknya melalui lembah kekelaman, tetapi tidak ada satu pun ayah di dunia ini yang dengan sengaja ingin menjauhkan diri dari anak-anaknya. Begitu juga dengan Tuhan, Bapa kita. Dia pun ingin kehadiran-Nya terus ada di tengah-tengah kita. Bahkan ketika kita sedang melewati lembah kekelaman, justru saat itulah Tuhan semakin harus memastikan kita tidak berjalan sendiri. Kehadiran-Nya akan semakin dinyatakan bagi kita.

Ketika Bangsa Israel selama empat puluh tahun berputar-putar di padang gurun, Tuhan tidak pernah sedetik pun meninggalkan mereka. Kehadiran-Nya selalu nyata dalam wujud tiang api dan tiang awan. Sebebal-bebalnya bangsa itu, tetap tidak bisa menjauhkan mereka dari kehadiran Tuhan. Bagi Adam dan Hawa yang jatuh ke dalam dosa dan telah kehilangan kemuliaan Tuhan, Tuhan tetap hadir bagi mereka. Dia tidak membiarkan mereka melalui konsekuensi dosa sendirian. Kasih dan kemurahan Tuhan tetap ada menyertai mereka, karena bagi Tuhan, tidak ada yang bisa memisahkan mereka dari kasih-Nya. Begitu pula dengan Simson yang karena lalai, kemuliaan Tuhan meninggalkannya, sehingga ia menjadi bulan-bulanan bangsa Midian. Namun Alkitab mencatat, ketika Simson berdoa meminta kemuliaan Tuhan datang kembali memenuhi dirinya, Tuhan benar-benar hadir. Dengan demikian, ia bisa mengalahkan bangsa Midian di akhir hidupnya.

Lihatlah bagaimana Tuhan dengan begitu rindu dan dengan kasih-Nya yang sangat besar, justru terlebih ingin kehadiran-Nya ada di dekat bahkan memenuhi hidup kita. Seperti apa pun kita, di mana pun kita berada, dan dalam kondisi apa pun kita. Karena itu, saat ini buanglah segala keraguan, intimidasi, dan kedagingan kita. Mari responi angin yang sedang berhembus di tengah-tengah kita, karena Tuhan ingin menyatakan kehadiran dan kemuliaan-Nya kepada dunia ini. Haleluya!

RENUNGAN
BERITA BAIKNYA adalah Tuhan TIDAK MAU MENJAUHKAN kita dari HADIRAT dan KEMULIAAN-Nya.

APLIKASI
1. Sudahkah Anda merasakan kehadiran Tuhan dalam hidup Anda, dalam segala situasi dan kondisi?
2. Bagaimanakah respons Anda ketika Anda menyadari bahwa Tuhan tidak mau menjauhkan hadirat dan kemuliaan-Nya dalam hidup Anda?
3. Apakah dampak bagi semua aspek hidup Anda jika hadirat dan kemuliaan-Nya semakin nyata dalam hidup Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa, terima kasih atas kasih dan kesetiaan-Mu. Kami tahu bahwa Engkau terlebih rindu agar hadirat dan kemuliaan-Mu semakin dekat dalam hidup kami. Ajarkan kami untuk semakin percaya bahwa apapun kondisi kami, Engkau tetap Bapa yang ingin dekat dengan kami dan tidak ada satu hal pun yang bisa memisahkan kami dari Engkau. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”