BERKOMITMEN MENGAMBIL BAGIAN DALAM PERJANJIAN BERKAT (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Ayub 34-35
Kisah Para Rasul 15:1-21

RHEMA HARI INI
Maleakhi 3:10 Bawalah seluruh persembahan persepuluhan itu ke dalam rumah perbendaharaan, supaya ada persediaan makanan di rumah-Ku dan ujilah Aku, firman TUHAN semesta alam, apakah Aku tidak membukakan bagimu tingkap-tingkap langit dan mencurahkan berkat kepadamu sampai berkelimpahan.

Setelah berpacaran selama lima tahun, Ita akhirnya berani memutuskan untuk menerima lamaran sang kekasih, Ricky. Setelah sebelumnya ia sempat menunda dan mengurungkan niatnya ketika dilamar Ricky, karena ia merasa sudah terbiasa sendiri dan menikmati kebebasannya, termasuk merasa mampu melakukan segala sesuatunya sendiri. Namun, setelah berdoa dan memikirkannya dengan sungguh-sungguh, Ita pun akhirnya menerima lamaran Ricky dan memutuskan untuk menikah dengannya.

Setelah memutuskan untuk menikah dengan Ricky, Ita menyadari bahwa ia harus berkomitmen sepenuhnya dalam sebuah pernikahan. Ia harus menjalankan perannya sebagai istri dan ibu bagi anak-anaknya kelak, termasuk melakukan bagian dalam perjanjian pernikahan yang diucapkannya saat pemberkatan nikah di gereja. Bagaimanapun, komitmen dalam sebuah pernikahan adalah bentuk tanggung jawab kita kepada Tuhan dan pasangan kita. Ketika kita sudah terikat dalam perjanjian pernikahan dengan pasangan kita, maka perjanjian yang sudah kita buat haruslah ditepati dan dijalankan sepenuh hati.

Sama halnya dengan perjanjian pernikahan, setiap kita pun terikat dengan sebuah perjanjian dengan Tuhan, yang disebut dengan Perjanjian Berkat. Jika kita rindu janji-janji Tuhan digenapi dalam hidup kita, maka kita harus berani mengambil komitmen dengan sepenuh hati untuk ambil bagian dalam perjanjian berkat tersebut. Sekalipun kita sedang menghadapi masa krisis, tetaplah bangun komitmen yang kuat dengan Tuhan. Karena Tuhan akan melihat seberapa besar kesungguhan hati kita untuk berani berkomitmen dalam perjanjian berkat dengan Tuhan. Saat kita membuktikan komitmen kita pada Tuhan, maka Tuhan pun akan melakukan bagian-Nya, yaitu dengan mencurahkan berkat-Nya di semua musim dalam hidup kita. (LEW)

RENUNGAN
Ambillah KOMITMEN dengan SEPENUH HATI untuk mengambil bagian dalam PERJANJIAN BERKAT.

APLIKASI
1. Apakah Anda sudah berkomitmen sepenuh hati mengambil bagian dalam Perjanjian Berkat? Jika sudah atau belum, mengapa?
2. Mengapa Anda harus berkomitmen dengan sepenuh hati untuk ambil bagian dalam Perjanjian Berkat? Jelaskan!
3. Apa saja yang akan Anda lakukan sebagai bentuk komitmen Anda untuk mengambil bagian dalam Perjanjian Berkat?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, mampukanlah kami untuk dapat secara konsisten melakukan bagian kami dalam Perjanjian Berkat dengan sepenuh hati. Kami rindu untuk dapat berkomitmen sungguh-sungguh dalam Perjanjian Berkat dengan-Mu, sehingga kami akan melihat berkat-Mu tercurah di setiap musim dalam hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”