RAHASIA KELUARGA BAHAGIA (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Yesaya 20-22
Efesus 6

RHEMA HARI INI
Pengkotbah 9:9 Nikmatilah hidup dengan isteri yang kaukasihi seumur hidupmu yang sia-sia, yang dikaruniakan TUHAN kepadamu di bawah matahari, karena itulah bahagianmu dalam hidup dan dalam usaha yang engkau lakukan dengan jerih payah di bawah matahari.

Lee Iacocca, presiden Ford Motor Company sekaligus direktur utama Chrysler Corporation, menulis dalam bukunya “Straight Talk”: Orangtua saya melewatkan banyak waktu dengan saya, dan saya ingin anak-anak saya diperlakukan dengan kasih serta kepedulian yang sama banyaknya seperti yang saya peroleh dulu. Karena itulah, Lee selalu menghabiskan akhir pekan dengan anak-anak, termasuk setiap liburan. Bahkan, ia tidak pernah melewatkan satu pertandingan ataupun perlombaan yang diikuti anak-anaknya. Lee tidak pernah melewatkan mengucapkan selamat jika anaknya menjadi juara, atau menghiburnya di saat kalah. Lee dapat mengingat momen ketika anaknya begitu bahagia saat ia menjemputnya sepulang dari kemah, tetapi ia tidak dapat mengingat rapat penting apa yang ia lewatkan pada waktu itu.

Kisah Lee tentang bagaimana ia begitu memberikan sepenuh waktunya untuk keluarga cukup menarik. Ia tahu kebahagiaan keluarganya tercipta jika ia dapat mengalokasikan waktu bagi keluarganya dengan bijaksana. Berbeda dengan Salomo, sekalipun dianggap penuh hikmat, tetapi keluarganya tidak mendapatkan kebahagiaan. Bahkan setelah Salomo meninggal, kerajaannya pecah karena kepemimpinan anak Salomo tidak berjalan dengan baik. Anaknya tidak mendapatkan pengarahan dari Salomo, sehingga hikmat sama sekali tidak diturunkan dalam diri Rehabeam. Bahkan keputusan-keputusan yang diambilnya sebagai raja sangatlah ceroboh sehingga menghancurkan kerajaannya sendiri.

Hari ini, bagaimanapun kondisi keluarga kita saat ini, pastikan bahwa kita akan mulai belajar mengalokasikan waktu kita untuk berkumpul dengan keluarga. Keluarga adalah tanggung jawab kita bersama, baik bagi suami, istri, maupun anak-anak. Dengan sama-sama menyediakan waktu untuk berkumpul, dan saling berbagi cerita, maka kita akan merasakan kebahagiaan dalam keluarga kita. Oleh karena itu, luangkan waktu kita untuk dapat hadir pada waktu-waktu yang penting bagi pasangan kita dan juga anak-anak. Termasuk mengikuti ibadah secara bersama-sama, baik onsite maupun online. Maka percayalah, bahwa dalam kesatuan, berkat Tuhan akan dicurahkan atas keluarga kita.

RENUNGAN
Rahasia KELUARGA BAHAGIA adalah MENGALOKASIKAN WAKTU bagi keluarga.

APLIKASI
1. Sudahkah Anda mengalokasikan waktu Anda bagi keluarga Anda, jika sudah atau belum, mengapa?
2. Menurut Anda, mengapa penting bagi kita untuk mengalokasikan waktu bagi keluarga agar keluarga kita bahagia?
3. Setelah membaca renungan hari ini, langkah-langkah apa yang akan Anda ambil agar keluarga Anda bahagia? Tuliskan.

DOA UNTUK HARI INI
“Ya Tuhan, sungguh kami mengucap syukur untuk keluarga yang Kau berikan bagi kami. Kami percaya Engkau begitu mengasihi keluarga kami. Ajar kami untuk dapat bijaksana dalam mengalokasikan waktu kami bagi keluarga, sehingga setiap keluarga kami dapat merasakan kebahagiaan. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”