BAYAR HARGA YANG MENYALAKAN API TUHAN (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Keluaran 34-35
Matius 22:23-46

RHEMA HARI INI
1 Tawarikh 21:24 Tetapi berkatalah raja Daud kepada Ornan: “Bukan begitu, melainkan aku mau membelinya dengan harga penuh, sebab aku tidak mau mengambil milikmu untuk Tuhan dan tidak mau mempersembahkan korban bakaran dengan tidak membayar apa-apa.”

Daud adalah pribadi yang sangat mengasihi Tuhan. Bagi Daud, mengejar hadirat Tuhan adalah kesukaannya. Bahkan ia tidak segan-segan berkorban dan membayar harga yang begitu besar supaya api Tuhan tetap menyala dalam hidupnya. Ingat bagaimana perjuangan Daud saat membawa Tabut Perjanjian Allah kembali ke kediamannya dari rumah Obed-Edom? Setiap enam langkah, ia berhenti dan mempersembahkan korban bakaran bagi Tuhan. Atau ketika ia berjuang membangun Pondok Daud? Bahkan dicatat di Alkitab, tujuh kali sehari, Daud memuji dan menyembah Tuhan. Sungguh bayar harga yang tidak main-main. Tidak heran, api Tuhan begitu besar dan membuat rohnya selalu menyala-nyala. Dampaknya pun sangat luar biasa, yaitu ke mana pun Daud pergi berperang, ia selalu mengalami kemenangan.

Bahkan dengan terang-terangan Daud menolak pemberian Ornan. Ketika itu, Tuhan memerintahkan Daud untuk mendirikan mezbah di tanah milik Ornan. Ornan pun berniat untuk memberikannya kepada Daud tanpa bayaran. Namun, ia tetap membayar harganya kepada Ornan, karena bagi Daud, MEMBAYAR HARGA BAGI TUHAN JUSTRU ADALAH SEBUAH KESEMPATAN. Kesempatan untuk memberikan yang terbaik bagi Tuhan agar api Tuhan semakin dikobarkan. Dengan kata lain, bagi Daud, ketika ia tidak membayar harganya kepada Ornan, ia akan kehilangan kesempatan untuk mempersembahkan korban bagi Tuhan.

Mari belajar dari Daud yang meyakini bahwa bayar harga untuk Tuhan adalah sebuah kesempatan untuk mengobarkan api-Nya lebih lagi dalam hidup kita. Momen ini adalah saat yang paling tepat, karena kita sebagai sebuah kesatuan jemaat Keluarga Allah sedang bersama-sama merayakan 32 tahun kasih dan penyertaan Tuhan yang ajaib. Mari kita bersama-sama berani membayar harga untuk mewujudkan visi yang sudah Tuhan berikan kepada gereja kita, yaitu 1 juta jiwa diselamatkan. Percayalah bahwa bayar harga yang kita berikan justru akan membuat kita melihat bagaimana api Tuhan turun dan membawa kebangkitan, terobosan, kemenangan, serta perkara-perkara besar dalam hidup kita. Haleluya!

RENUNGAN
BANGKITLAH DALAM KESATUAN dan jangan takut BAYAR HARGA UNTUK MENGEJAR API TUHAN.

APLIKASI
1. Adakah hambatan-hambatan yang mungkin Anda alami untuk bayar harga menyalakan api Tuhan?
2. Percayakah bahwa di dalam moment ulang tahun gereja kita ini, Anda akan menerima sesuatu yang besar dari Tuhan?
3. Komitmen apa yang akan Anda ambil supaya Anda berani bayar harga untuk mengejar api Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa, terima kasih atas kesempatan yang Engkau berikan bagi kami untuk mempersembahkan korban sehingga api-Mu dinyalakan dalam hidup kami. Bagi kami, itu adalah sebuah kehormatan karena kami rindu kemuliaan-Mu semakin dinyatakan dalam hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”