MEMULIAKAN TUHAN DENGAN HARTA KITA (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Ayub 36-37
Kisah Para Rasul 15: 22-41

RHEMA HARI INI
Amsal 3:9 Muliakanlah TUHAN dengan hartamu dan dengan hasil pertama dari segala penghasilanmu
Jose sangat girang menerima gajinya di bulan ini. Bagaimana tidak, ia begitu ingin membantu meringankan beban orangtuanya dalam membiayai sekolahnya. Karena itu, ia bekerja paruh waktu di sela-sela waktu kuliahnya. Jose lalu teringat ibunya selalu memberikan nasihat supaya ia belajar mengembalikan persepuluhan. Awalnya hal itu sangat berat baginya. Ia berpikir, bukankah ia yang bekerja dan berusaha? Mengapa dikatakan ada milik Tuhan di sana? Namun Jose belajar untuk taat. Ketaatannya itu pun mendatangkan sukacita, kelegaan, dan damai sejahtera baginya. Ia semakin giat bekerja dan berjuang menyelesaikan studinya.

Ada begitu banyak kesaksian bagaimana Tuhan menolong anak-anak-Nya yang taat dan setia mengembalikan persepuluhan. Ada yang dibukakan ladang pekerjaan baru, ada yang mendapatkan pertolongan yang ajaib tepat pada waktunya, bahkan sampai mendapatkan mujizat spektakuler yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya. Namun, ada sebagian orang juga yang seolah-olah belum mendapatkan mujizat yang spektakuler. Apa pun berkat yang kita dapatkan secara materi, itu bukanlah hal utama yang seharusnya menjadi motivasi kita saat mengembalikan persepuluhan. Hal itu adalah bagian Tuhan yang berdaulat penuh untuk menilai dan mengetahui kapan saat yang tepat menumbuhkan benih dari ketaatan dan kesetiaan kita kepada-Nya. Bagian kita adalah taat dan setia melakukannya untuk menghormati Tuhan.

Mengapa? Karena sejatinya, ketika kita mengembalikan persepuluhan dengan sikap hati yang benar, kita sedang memuliakan nama Tuhan melalui harta kita. Itulah yang menyenangkan hati-Nya. Alkitab juga mencatat, carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenaran-Nya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu. Artinya, tanpa kita harapkan pun, Tuhan sendiri yang akan membuat pagar perlindungan, membuka tingkap-tingkap langit, dan mencurahkan berkat-Nya dengan berkelimpahan. Hal ini tidak hanya berbicara tentang materi, tetapi ada damai sejahtera, sukacita, kemerdekaan, dan kita akan semakin dibawa mendekat kepada Pribadi Tuhan dan mengalami kepenuhan Roh-Nya. Haleluya!

RENUNGAN
Dengan MENGEMBALIKAN persepuluhan, maka kita juga MEMULIAKAN nama Tuhan.
APLIKASI
1. Bagaimanakah pandangan Anda mengenai persembahan persepuluhan selama ini?
2. Adakah hal-hal yang membuat Anda masih kesulitan untuk mengembalikan persepuluhan? Apa sajakah itu?
3. Mintalah kekuatan Tuhan dan tuliskan komitmen Anda untuk selalu memuliakan Tuhan dengan harta Anda!

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Allah kami yang besar, Engkaulah pemilik khidupan kami dan seluruh dunia dan isinya. Kami menyadari bahwa apa pun yang kami miliki saat ini adalah kepunyaan-Mu, termasuk harta kami. Kami rindu, ya Tuhan, untuk bisa memuliakan Engkau dengan harta kami dan apa yang kami punya. Berikan kami kekuatan, ya Tuhan, karena kami rindu hidup kami lebih lagi bisa menyenangkan hati-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”