IMAN YANG BENAR DI MASA SUKAR [REKA]

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Yesaya 23-25
Filipi 1

BACAAN HARI INI
Yakobus 2:14-26

RHEMA HARI INI
Yakobus 2:17 Demikian juga halnya dengan iman: Jika iman itu tidak disertai perbuatan, maka iman itu pada hakekatnya adalah mati.

Suatu hari di musim panas yang cerah, seekor jangkrik melompat-lompat dengan riangnya. Senandung ceria tak lepas dari mulutnya. Ia begitu menikmati hangatnya sinar matahari. Jangkrik itu bertemu serombongan semut yang sedang mengangkut makanan di kepala masing-masing. Berbaris rapi, dengan tekun semut-semut itu mengumpulkan makanan dan membawanya ke sarang. Si jangkrik menyapa rombongan semut, “Hai, di hari secerah ini kenapa kalian terus bekerja?” Salah satu semut itu menjawab, “Kami sedang mengumpulkan makanan untuk persiapan musim dingin nanti.” Jangkrik tertawa terbahak, “Musim dingin? Itu masih lama sekali, tidak perlu dipikirkan sekarang. Ayolah bermain bersamaku.” Namun semut-semut itu menolak. Sambil mengangkat bahu, jangkrik pun berlalu.

Suatu pagi, si jangkrik terbangun dengan gigi bergemeletuk dan badan gemetar. Ia berjalan keluar hendak berjemur dan mencari makan, tetapi yang dilihatnya adalah hamparan rumput beku. Musim dingin telah tiba. Segerombolan semut menemukan si jangkrik yang pingsan kedinginan dan kelaparan. Bersama-sama mereka menggotong jangkrik ke sarang mereka. Udara yang hangat dan bau yang sedap tercium ketika si jangkrik akhirnya siuman. Dilihatnya tumpukan makanan tak terbilang banyaknya. Bahkan mereka bisa berbagi makanan dengan si jangkrik. Ia pun sangat menyesal dan berjanji tidak akan bermain-main terus di musim panas yang akan datang.

Tuhan memang selalu ingin memberkati kita anak-anak-Nya. Saat Dia berkenan, berkat datang begitu berlimpah. Apa pun yang kita kerjakan membuahkan hasil. Ya, kita boleh beriman, bahkan HARUS punya iman yang tangguh, bahwa Tuhan selalu memelihara dan menyelamatkan kita dari kesukaran. Meski demikian, hendaklah kita bijaksana dan penuh hikmat. Kita tetap perlu berusaha dan membuat persiapan. Ingatlah, langit tidak selalu biru. Masa kelaparan, masa sukar, dan masa kekeringan adalah bagian dari kehidupan. Persiapkanlah dengan baik dan serius. Dengan demikian kita memiliki ketahanan finansial yang kuat dan tidak takut ketika masa kesukaran datang. Bahkan, kita bisa tertawa menghadapi masa depan yang penuh tantangan (Ams. 31:19-25). (PF)

RENUNGAN
Di masa sukar, kita harus memiliki IMAN YANG TANGGUH, tetapi iman juga harus DISERTAI USAHA dan PERSIAPAN.

APLIKASI
1. Bagaimana Anda menghadapi masa kesukaran seperti yang sedang terjadi saat ini? Dengan tenang atau penuh kekuatiran?
2. Usaha dan persiapan apa yang harus Anda lakukan untuk menghadapi masa-masa sukar?
3. Apa komitmen Anda untuk masa depan yang akan datang?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, terima kasih untuk pemeliharaan-Mu atas hidup kami sampai saat ini. Engkau adalah Jehova Jireh. Rhema-Mu hari ini akan kami materaikan dalam hati kami. Setelah masa-masa sukar ini berlalu, kami akan lebih giat berusaha dan mempersiapkan dengan baik dari berkat-berkat yang telah Kau sediakan bagi kami. Terima kasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”