RAHASIA KELEPASAN DAN KEMENANGAN BESAR TUHAN KERJAKAN (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Keluaran 36-38
Matius 23:1-22

BACAAN HARI INI
1 Tawarikh 16:7-36

RHEMA HARI INI
1 Tawarikh 16:29 Berilah kepada TUHAN kemuliaan nama-Nya, bawalah persembahan dan masuklah menghadap Dia! Sujudlah menyembah kepada TUHAN dengan berhiaskan kekudusan.

Israel mengalami kemarau panjang ketika dipimpin oleh raja Ahab. Ia melakukan apa yang jahat di mata Tuhan. Ia mendirikan kuil Baal dan membuat patung Asyera, dewi alam dan kesuburan. Karena ia mengharapkan hujan dan hasil panen yang besar dari allah lain selain dari Allah yang hidup, maka Tuhan mengutus Elia untuk menubuatkan bahwa hujan tidak akan turun di tanah Israel, sampai ia mengatakan sebaliknya. Tiga tahun kemudian, di tengah ketidakpercayaan bangsa Israel kepada Allah, Elia menantang nabi-nabi Baal untuk membuat mezbah dan menyediakan korban bakaran, tetapi tidak boleh menyediakan api. Kemenangan ditandai dengan terbakarnya korban bakaran yang mereka siapkan.

Saat itu apa pun yang dilakukan para nabi Baal, korban mereka tak kunjung terbakar. Tibalah giliran Elia, dan ia malah membuat parit yang penuh air di sekeliling mezbah. Namun, korban bakaran Elia habis tersambar api dari Tuhan, begitu juga dengan air yang di dalam parit. Melihat hal tersebut, bangsa Israel kembali berbalik kepada Tuhan. Elia memberikan teladan dalam memberikan persembahan yang terbaik kepada Tuhan di atas mezbah meskipun secara manusia keadaan saat itu cukup mencekam. Mezbah dan persembahan yang Elia naikkan dengan kesungguhan hati mampu menarik hadirat Tuhan, sehingga terjadi pembalikan keadaan.

Meskipun saat ini kita juga berada pada keadaan yang tidak baik, tetaplah membangun mezbah untuk Tuhan. Bukan hanya mezbah saja, tetapi juga berikanlah persembahan yang terbaik kepada Tuhan seperti yang Elia maupun Daud lakukan. Memang, membangun mezbah dan memberikan persembahan ketika keadaan kelam bukanlah perkara yang mudah. Namun, hari ini Tuhan ingatkan kita untuk melakukan dua hal tersebut, karena Tuhan akan memberikan kelepasan dan kemenangan besar ketika kita membangun mezbah dan membawa persembahan bagi-Nya. Percayalah, tidak selamanya kekelaman terjadi, tidak selamanya wabah corona ada, dan tidak selamanya masalah menghampiri kita, karena selalu ada pelangi setelah badai. (LEW)

RENUNGAN
Di masa kelam, bangunlah MEZBAH dan bawa PERSEMBAHAN bagi Tuhan, maka KELEPASAN dan KEMENANGAN BESAR akan Tuhan kerjakan.

APLIKASI
1. Mengapa Anda harus membangun mezbah dan membawa persembahan meskipun berada di masa yang kelam?
2. Apa yang Anda lakukan supaya Anda bisa konsisten membangun mezbah dan membawa persembahan bagi Tuhan?
3. Apakah komitmen Anda dalam membangun mezbah dan membawa persembahan secara nyata kepada Tuhan? Sebutkan!

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa, keadaan apa pun yang kami alami saat ini, kami mau selalu membangun mezbah dan membawa persembahan yang terbaik bagi-Mu. Kami percaya Engkau akan memberikan kelepasan dan kemenangan besar kepada kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”