KOBARAN API FIRMAN TUHAN (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Keluaran 36-38
Matius 23:1-22

RHEMA HARI INI
Yeremia 23:29 Bukankah firman-Ku seperti api, demikianlah firman TUHAN dan seperti palu yang menghancurkan bukit batu?

Terlahir dalam sebuah keluarga yang tidak harmonis membuat Jeri sering depresi. Terlebih saat ia harus mendengar pertengkaran yang seolah tiada hentinya di antara kedua orangtuanya. Bahkan, beberapa kali terlintas di benaknya untuk mengakhiri hidupnya. Ia merasa kehadirannya di dunia ini seperti tidak ada artinya. Jeri pun menjadi anak yang suka memberontak dan terjerumus ke dalam pergaulan yang tidak sehat. Tidak jarang ia terlibat dalam tawuran antar kelompok, hingga suatu hari, ia tidak sengaja mengakibatkan seseorang kehilangan nyawanya. Kejadian itu membuatnya sangat terpukul. Ia pun harus berakhir dengan mendekam di penjara.

Di balik jeruji besi, Jeri mengikuti berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh LAPAS. Salah satunya adalah pembinaan rohani. Saat itu, pendeta yang sedang melayani menyebutkan sebuah ayat dalam Yeremia 1:5 yang tanpa ia sadari akan sangat berpengaruh besar dan mengubah kehidupannya. “Sebelum Aku membentuk engkau dalam rahim ibumu, Aku telah mengenal engkau, dan sebelum engkau keluar dari kandungan, Aku telah menguduskan engkau, Aku telah menetapkan engkau menjadi nabi bagi bangsa-bangsa.” Jeri yang selama ini selalu merasa bahwa kehadirannya tidak diinginkan, dan bahwa hidupnya tidak berarti, langsung terhenyak. Tanpa terasa, air matanya mengalir keluar. Ia merasakan kehangatan dan kasih yang luar biasa dalam hatinya yang seumur hidupnya belum pernah dirasakannya. Pada akhirnya, hidupnya pun diubahkan.

Ya, frman Tuhan yang tertulis di dalam Alkitab adalah perkataan Tuhan sendiri, dan di setiap perkataan-Nya tersebut memiliki kuasa. Itu sebabnya, firman Tuhan dikatakan seperti api yang membakar dan seperti palu yang menghancurkan bukit batu. Oleh karena itu, saat kita mendengarkan firman Tuhan, marilah kita sungguh-sungguh dalam menanggapinya, sampai api Tuhan turun atas kita dan terus menyalakan hati kita, sehingga firman yang kita terima betul-betul merhema dalam hidup kita. Karena saat ada firman Tuhan yang tinggal dalam hati kita, maka ada kuasa-Nya juga yang mengalir dan mengubahkan hidup kita secara luar biasa.

RENUNGAN
Firman Tuhan seperti API yang MEMBAKAR.

APLIKASI
1. Pernahkah Anda merasakan hati Anda terbakar saat mendengarkan firman Tuhan? Bagaimanakah kejadiannya?
2. Menurut Anda, mengapa mendengarkan firman Tuhan dapat membakar hati kita?
3. Bagaimana firman Tuhan dapat mengubahkan hidup kita? Jelaskan!

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan, kami percaya bahwa firman-Mu adalah firman yang hidup. Kami percaya bahwa ada kuasa dalam setiap perkataan-Mu. Maka dari itu kami mau lebih lagi bersungguh-sungguh saat kami mendengarkan dan juga membaca firman-Mu. Biarlah firman-Mu boleh tinggal dan berakar dalam hati setiap kami dan mengubahkan kehidupan kami. Sehingga kami pun juga boleh Engkau pakai menjadi saksi-Mu di muka bumi ini. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”