CARA UNTUK MELATIH PENGUASAAN DIRI KITA (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Yesaya 26-27
Filipi 2

RHEMA HARI INI
Roma 12:2 Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

Seseorang yang kuat secara fisik, berbadan besar dan berotot, belum tentu juga kuat secara roh serta mampu menguasai dirinya sendiri. Kita bisa belajar dari kehidupan Simson. Alkitab mencatat bahwa ia sangat kuat, bahkan mampu mengalahkan ribuan orang Filistin dan menguasai sebuah kota. Namun Simson tidak berdaya di hadapan Delilah. Ia tak mampu mengendalikan nafsu kedagingannya sehingga dengan mudahnya ia diperdaya oleh seorang wanita. Maka akibat tidak dapat menguasai diri, Simson harus mengalami nasib yang tragis. Dari kisah ini kita bisa mengambil kesimpulan bahwa penguasaan diri seseorang ternyata lebih utama daripada kekuatan fisik, karena hal itu berhubungan dengan karakter.

Rasul Paulus pun mengajarkan agar kita tidak menjadi serupa dengan dunia ini. Dalam hal inilah, kita sangat membutuhkan yang namanya penguasaan diri. Keinginan daging memang sangatlah menarik, menggoda, dan sulit untuk kita tolak. Namun, kita dapat melatih penguasaan diri kita melalui doa puasa. Doa dan puasa adalah cara yang teruji untuk membantu kita membatasi kedagingan kita, sehingga roh kita bisa terus berkembang dan menjadi semakin kuat.

Saat berpuasa, kita menahan diri dari makanan atau keinginan yang menggoda. Kita berusaha menguasai hati dan emosi agar tidak marah-marah, kita juga belajar mendisiplinkan diri untuk tidak berpikir yang negatif. Awalnya, mungkin tidak mudah, tetapi dengan pertolongan Roh Kudus, kita pasti bisa melaksanakan doa puasa dengan benar, mengalahkan kedagingan kita, dan memiliki kehausan roh yang selalu mau lebih lagi akan Tuhan. Saat itulah, kita akan mengalami peningkatan rohani dan penguasaan diri kita mulai terbentuk semakin kuat.

RENUNGAN
Doa Puasa adalah CARA YANG SANGAT AMPUH untuk MELATIH PENGUASAAN DIRI kita.

APLIKASI
1. Sudahkah Anda memiliki penguasaan diri dalam menjalani hidup Anda selama ini?
2. Menurut Anda, seberapa pentingnya doa puasa dalam melatih penguasaan diri kita?
3. Bagaimana komitmen Anda agar dapat menjalankan doa puasa untuk melatih penguasaan diri Anda? Tuliskanlah!

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa, mampukan kami untuk melakukan komitmen doa puasa empat puluh hari sehingga kami boleh melatih penguasaan diri kami dan kami semakin bertumbuh dalam iman. Biar hidup kami semakin hari tidak semakin serupa dengan dunia ini, melainkan semakin seturut dengan kehendak-Mu.
Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!