TUHAN MENGADAKAN PERJANJIAN DENGAN KITA (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Keluaran 39-40
Matius 23:23-39

BACAAN HARI INI
Keluaran 34:1-14

RHEMA HARI INI
Keluaran 34:10 Firman-Nya: “Sungguh, Aku mengadakan suatu perjanjian. Di depan seluruh bangsamu ini akan Kulakukan perbuatan-perbuatan yang ajaib, seperti yang belum pernah dijadikan di seluruh bumi di antara segala bangsa; seluruh bangsa, yang di tengah-tengahnya engkau diam, akan melihat perbuatan TUHAN, sebab apa yang akan Kulakukan dengan engkau, sungguh-sungguh dahsyat.

Suatu saat ada seorang anak Tuhan yang mengalami sakit yang cukup berat. Saat menyadari bahwa segala usaha penyembuhannya tak dapat lagi menolongnya, ia pun memutuskan bernazar dalam doanya kepada Tuhan. Ia berkata, β€œTuhan apabila Engkau menyembuhkanku, aku berjanji untuk melayani Engkau seumur hidupku.” Lalu doa dan nazarnya itu didengar dan dijawab Tuhan. Ia sembuh dari sakitnya. Namun, setelah ia sembuh dan sehat, ia melupakan apa yang pernah dikatakannya kepada Tuhan. Ada juga satu kisah dari seorang anak Tuhan yang sedang mengalami pergumulan dalam usaha dan pekerjaannya. Dengan iman, ia pun datang kepada Tuhan. Dalam doanya ia berkata, β€œTuhan, berkatilah usaha dan pekerjaanku. Aku berjanji akan setia mengembalikan persepuluhan kepada-Mu. Aku akan rajin membantu semua pekerjaan-Mu.” Namun, setelah pekerjaan dan usahanya diberkati, ia pun lupa akan janjinya kepada Tuhan.

Banyak orang yang sering dikecewakan karena janji yang diingkari akhirnya memilih untuk tidak lagi percaya pada janji apa pun. Namun, ada satu Pribadi yang tidak akan pernah ingkar janji dan hal tersebut sudah teruji. Pribadi itu adalah Yesus Kristus, Tuhan kita. Alkitab mencatat bahwa kita bisa memercayai sepenuhnya semua janji Tuhan. Tidak seperti manusia, Tuhan tidak terbatas ruang dan waktu, dan Tuhan tidak pernah lupa dan ingkar terhadap janji-Nya. Tuhan pernah berjanji kepada Abraham bahwa keturunannya akan sebanyak pasir di laut, dan Dia menepatinya. Tuhan pun menjanjikan pembebasan bagi bangsa Israel yang diperbudak oleh Mesir, dan Dia menepatinya juga.

Tidak secara kebetulan jika tahun lalu Tuhan juga mengadakan perjanjian dengan gereja kita, dan juga kepada kita semua. Melalui rhema yang Tuhan berikan dalam Keluaran 34:10, dengan jelas dikatakan bahwa Dia mengadakan perjanjian dengan kita, umat-Nya. Apa pun kekelaman yang meliputi kita sekarang ini, percayalah bahwa Tuhan tidak pernah mengingkari janji-Nya. Janji-Nya adalah ya dan amin. Tetaplah berpegang teguh pada janji-Nya, hingga kita melihat pelangi kemuliaan-Nya dinyatakan dalam hidup kita.

RENUNGAN
Tuhan MENGADAKAN PERJANJIAN dengan kita, umat-Nya.

APLIKASI
1. Pernahkah Anda menerima janji dari Tuhan?
2. Bagaimana sikap hati selama ini dalam menerima janji Tuhan dalam hidup kita?
3. Apa komitmen Anda setelah membaca renungan pada hari ini?

DOA UNTUK HARI INI
β€œTuhan Yesus, kami bersyukur memiliki Engkau dalam hidup kami. Engkau Allah yang tidak pernah mengingkari janji-janji-Mu. Kami percaya, tahun ini adalah tahun kemuliaan bagi kami. Ajar kami untuk terus berharap dan percaya hanya kepada-Mu. Terima kasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”