DAMAI JIKALAU ATAU DAMAI SEKALIPUN (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Mazmur 72-73
Roma 9:1-15

RHEMA HARI INI
Yohanes 14:27 Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu.

Hari itu, Rina merasa begitu kesal. Apa yang ia harapkan tidak dipenuhi oleh ayahnya. Sejak beberapa bulan yang lalu, Rina pernah menyampaikan kepada ayahnya bahwa ia menginginkan sebuah buku cerita sebagai hadiah di hari ulang tahunnya. Namun, di hari yang dinantikannya itu, ayahnya justru memberikan sebuah kalung sebagai hadiah untuknya, bukan buku cerita seperti yang ia inginkan. Hari ulang tahun yang ia harapkan akan menjadi hari bahagia baginya, berubah menjadi hari yang menyebalkan baginya. Alih-alih merasakan sukacita, hati Rina justru penuh dengan kekecewaan.

Sikap Rina tersebut sangat berbanding terbalik dengan sikap saudara kembarnya, Mina. Ketika menerima hadiah dari ayahnya yang juga merupakan sebuah kalung, ia begitu bergembira. Sekalipun Mina juga mempunyai keinginan dan harapannya sendiri, ia tetap memilih untuk bersukacita sekalipun keinginannya tidak terpenuhi. Baginya, bisa merayakan hari ulang tahunnya bersama keluarga yang ia kasihi, sudah merupakan anugerah terindah dari Tuhan.

Melalui kisah Rina dan Mina di atas, kita dapat melihat bahwa sekalipun di momen yang sama, orangtua yang sama, bahkan hadiah yang sama, ternyata mampu memberikan hasil akhir yang berbeda. Di dunia ini, ada beberapa orang yang hanya akan merasa damai dan bersukacita JIKALAU harapan mereka dapat tercapai. Namun, ada juga beberapa orang yang bisa tetap memiliki damai dan sukacita dalam hatinya SEKALIPUN keadaan tidak sesuai dengan yang diharapkan. Ya, mereka adalah orang-orang yang menggantungkan hidupnya kepada Yesus sebagai sumber damainya. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk senantiasa mendekat kepada Tuhan dengan tekun bersaat teduh, mengikuti Pondok Daud, Mezbah Doa Pagi, kelompok sel, dan sebagainya. Ketika kita dekat dengan hadirat-Nya, Dia akan memenuhi hati kita dengan DAMAI SEKALIPUN, sehingga keadaan apa pun yang menimpa kita tidak akan mampu mencuri damai dari dalam hati kita.

RENUNGAN
Ada DUA JENIS KEDAMAIAN di dunia ini: DAMAI JIKALAU dan DAMAI SEKALIPUN.

APLIKASI
1. Damai manakah yang ada dalam hati Anda ketika menjalani hari-hari Anda selama ini?
2. Menurut Anda, seberapa pentingnya bagi kita untuk memiliki damai sekalipun? Mengapa demikian?
3. Langkah nyata apa yang akan Anda ambil untuk mengaplikasikan renungan hari ini dalam hidup Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan, kami bersyukur memiliki-Mu sebagai Allah kami. Kami sungguh rindu untuk senantiasa mendekat kepada-Mu, sehingga damai dan sukacita sorgawi boleh senantiasa ada dalam hati kami. Tidak peduli bagaimana kondisi keadaan di sekeliling kami, kami tetap percaya damai sorgawi akan tetap ada dalam hati kami. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”