PENOPANG HATI YANG MEMBERANIKAN KITA UNTUK BERSAKSI [PAGI]

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Ulangan 7-9
Markus 11:19-33

BACAAN HARI INI
2 Timotius 4:1-8

RHEMA HARI INI
2 Timotius 4:2 Beritakanlah firman, siap sedialah baik atau tidak baik waktunya, nyatakanlah apa yang salah, tegorlah dan nasihatilah dengan segala kesabaran dan pengajaran.

Perayaan ulang tahun Taman Kanak-Kanak Pelangi sudah lama ditunggu-tunggu. Rena kebagian tugas untuk membacakan narasi pembuka dalam drama di hari itu. Ia pun banyak berlatih di rumah. Namun, begitu ia berdiri di tengah panggung dan di hadapan banyak pasang mata, hatinya ciut seketika. Semua kalimat yang sudah dihafalnya beterbangan dari kepalanya. Saat air mata hampir menetes dari kedua matanya yang membulat, Rena mendengar suara ayahnya memanggil dari samping panggung. Lalu ia melihat sang ayah membuat gerakan-gerakan untuk menyemangatinya. Senyum perlahan terbit di wajah Rena. Kata-kata pun mulai kembali kepadanya. Awalnya, Rena sedikit tergagap, tetapi ia bisa melihat ayahnya yang terus menyemangatinya dan makin lama ucapannya pun semakin bersemangat.

Sadar atau tidak, sering kali kita pun bersikap seperti anak di atas. Kita rindu untuk bisa menjadi saksi Kristus. Namun, saat kesempatan itu tiba, dorongan tersebut entah mengapa mengempis. Mungkin kita tidak berdiri di depan banyak orang dan hanya berhadapan dengan satu orang, tetapi keengganan menyapu hati kita. Terlebih lagi kalau orang tersebut memiliki posisi lebih tinggi atau kita mengenal mereka sebagai orang yang keras kepala. Akhirnya, kita urung berbicara dan memilih untuk berdoa saja.

Pernahkah kita berpikir bahwa mungkin saja kitalah kesempatan terakhir mereka untuk menerima Kabar Baik? Jika kita menunggu waktu yang tepat dan orang yang tepat untuk memberitakan Injil, hal itu tak akan pernah terjadi. Seperti yang disampaikan Paulus dalam suratnya kepada Timotius, bersiaplah dalam segala waktu untuk dipakai Tuhan sebagai alat-Nya untuk memberitakan Injil. Baik atau tidak waktunya. Siapa pun orangnya. Janganlah takut, sebab kita tidak melakukannya seorang diri. Saat kita mau bangkit dalam kegerakan apostolik akhir zaman ini, Tuhan sendiri yang akan menyertai kita dan menyediakan pengurapan apostolik-Nya, sehingga kita mampu menjadi alat pengabaran Injil yang efektif. (MV.L)

RENUNGAN
Kuatkan hati dan JADILAH SAKSI TUHAN YANG BERANI. Ingat, TUHAN ADA DI SISI KITA untuk menyatakan kuasa dan kemuliaan-Nya melalui hidup kita.

APLIKASI
1. Apakah yang selama ini menghalangi Anda untuk menjadi saksi Tuhan bagi orang-orang di sekeliling Anda?
2. Mengapa Anda perlu mengingat bahwa Tuhan ada di sisi Anda ketika Anda hendak bersaksi?
3. Bagaimana Anda bisa mempersiapkan diri agar bisa menjadi saksi Tuhan yang berani dan efektif?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, ampuni kami apabila selama ini kami tidak berani untuk maju menjadi saksi-Mu. Ingatkan kami selalu bahwa Engkau selalu ada di sisi kami dan oleh pengurapan-Mulah kami akan bersaksi dan menyelamatkan jiwa-jiwa. Bangkitkan kami, Tuhan, agar kami bisa melakukan kehendak-Mu dan menjadi alat pengabaran Injil-Mu yang efektif. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”