JANJI YANG TAK TERGOYAHKAN OLEH APA PUN JUGA (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Imamat 1-3
Matius 24:1-28

BACAAN HARI INI
Yesaya 54:1-10

RHEMA HARI INI
Yesaya 54:10 Sebab biarpun gunung-gunung beranjak dan bukit-bukit bergoyang, tetapi kasih setia-Ku tidak akan beranjak dari padamu dan perjanjian damai-Ku tidak akan bergoyang, firman TUHAN, yang mengasihani engkau.

Ayah Annie hendak bepergian ke tempat yang jauh. Annie dijanjikan sebuah mainan khas dari negeri tersebut. Sebagai gantinya, ia diminta untuk menjagai ikan mas kesayangan sang ayah. Dengan hati gembira, setiap hari Annie memberi makan ikan tersebut. Namun ternyata menjaga ikan tersebut tidak semudah perkiraan Annie. Ketika ia hendak membuang air akuarium yang kotor, hampir saja ikan itu meluncur ke dalam selokan. Pernah juga saat ia ingin memindahkan ikan itu ke mangkok sementara ia membersihkan akuariumnya, ikan tersebut melompat keluar dari jaring dan jatuh menggelepar-gelepar di atas meja. Waktu pun berlalu, hari kepulangan ayah Annie akhirnya tiba.

Namun, Annie lupa menutup pintu rumah. Ia tidak melihat seekor kucing menyelinap masuk. Ketika ayahnya tiba, ikan tersebut sudah raib. Air mata Annie pun mengalir deras. Ia takut dimarahi ayahnya, dan rasanya tak mungkin mendapatkan hadiah yang dijanjikan itu. Di luar dugaan, sang ayah malah memeluknya dan menyodorkan oleh-oleh yang ia janjikan. Tanpa ditunda-tunda. Mengapa? Karena kasih ayah Annie lebih besar dari kekecewaan yang mungkin timbul, dan yang terpenting, ia tahu bahwa Annie sudah berusaha sebaik-baiknya.

Saat kita menantikan janji Tuhan untuk waktu yang lama, terkadang timbul pertanyaan-pertanyaan dalam hati. Apakah mungkin kita belum menerima janji itu karena kesalahan yang kita lakukan? Ya, setiap pelanggaran ada konsekuensinya. Namun kita harus memahami, kasih Allah jauh lebih besar dari segala dosa dan pelanggaran kita. Dia tahu kita ini manusia lemah yang tidak luput dari kesalahan. Selama kita terus bangkit dari kesalahan dan belajar untuk hidup kudus serta berusaha mentaati perkataan-Nya, akan selalu ada anugerah dan kasih karunia yang dilimpahkan-Nya atas kita. Itulah sebabnya janji-Nya tidak tergoyahkan. Tak peduli apa pun situasi dan kondisi kita, Tuhan akan melukiskan pelangi kemuliaan-Nya dalam hidup kita. (MV.L)

RENUNGAN
Tidak ada yang bisa MENGHALANGI janji Tuhan tergenapi dalam hidup kita.

APLIKASI
1. Janji Tuhan apakah yang telah Anda terima dan belum juga tergenapi sampai sekarang? Bagaimana Anda menyikapinya selama ini?
2. Mengapa tak ada yang bisa menghalangi janji Tuhan dalam hidup Anda?
3. Bagaimana Anda akan menantikan janji Tuhan tersebut?

DOA UNTUK HARI INI
β€œBapa yang baik, kami bersyukur sebab kasih-Mu atas kami sungguh besar. Tuntun kami Tuhan, agar kami bisa hidup kudus dan berkenan di hadapan-Mu. Ajari kami caranya untuk dapat membangun hubungan yang semakin hari semakin dekat dengan hati-Mu. Agar kami mengerti isi hati-Mu dan hidup serta bergerak sesuai kerinduan-Mu. Kami percaya, terang-Mu terbit atas kami dan semua orang akan melihat pelangi kemuliaan-Mu atas hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”