MENCARI WAJAH TUHAN MELALUI DOA DAN FIRMAN TUHAN (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Amsal 3-5
2 Korintus 1

RHEMA HARI INI
Yesaya 55:6 Carilah Tuhan selama Ia berkenan ditemui, berserulah kepada-Nya selama Ia dekat!

Beberapa hari pertama sejak mulai menjalankan doa puasa, Nuri merasa hari-harinya begitu berat dan melelahkan. Ia baru pertama kali berpuasa, sehingga ia harus berjuang keras dalam mengendalikan rasa lapar dan hausnya. Salah satu yang ia lakukan untuk mengalihkan perhatiannya dari rasa lapar dan haus adalah dengan menghabiskan hari-harinya dengan menonton film horor atau membaca cerita horor kegemarannya. Akibatnya, pikiran Nuri dipenuhi dengan hal-hal yang menyeramkan dan menakutkan. Otomatis, hanya sekedar pergi ke kamar mandi saja, ia tidak berani. Beberapa hari menjalankan puasa, Nuri bukannya menjadi seorang pemenang, tetapi justru ia menjadi penakut.

Mungkin banyak dari kita yang mengalami hal yang sama seperti Nuri. Kita merasa bahwa kita sudah ikut ambil bagian dalam gerakan doa puasa, dengan harapan kita akan mengalami kuasa dan mujizat Tuhan dalam hidup kita. Akan tetapi, yang terjadi justru pikiran kita dipenuhi dengan kekhawatiran, kecemasan, bahkan ketakutan. Hal ini karena saat kita berpuasa, kita sedang membuka gerbang dimensi spiritual. Koneksi kita dengan dimensi roh sedang kuat-kuatnya, termasuk dengan roh jahat sekalipun. Itu sebabnya, akan berbahaya jika kita tidak mengisi diri sebanyak-banyaknya dengan berdoa dan membaca firman Tuhan.

Benar, salah satu momentum luar biasa yang akan terjadi saat kita berpuasa adalah terbukanya gerbang dimensi spiritual. Jelas, ini merupakan sebuah kesempatan emas bagi kita untuk mencari wajah Tuhan. Karena saat gerbang dimensi spiritual terbuka, hadirat Tuhan pun otomatis akan terasa begitu dekat dan nyata. Mungkin saat ini banyak dari kita yang sedang menantikan jawaban doa dan mujizat dalam hidup kita, maka inilah kesempatan kita untuk mengerjakan mujizat bersama Tuhan. Saat kita secara konsisten berdoa dan tekun membaca firman Tuhan, puasa kita pun tidak akan sia-sia. Jangan lewatkan kegerakan doa puasa ini dengan begitu saja. Gunakan momen ini sebaik mungkin untuk mencari wajah Tuhan, hingga kuasa Tuhan sungguh-sungguh dinyatakan dalam hidup kita.

RENUNGAN
Carilah WAJAH TUHAN saat berpuasa melalui DOA dan FIRMAN.

APLIKASI
1. Apakah Anda mengikuti kegerakan doa puasa? Lalu, bagaimana Anda mengisi waktu Anda selama menjalankan doa dan puasa beberapa hari ini?
2. Apakah ada perbedaan yang Anda rasakan saat Anda mengisi waktu Anda dengan doa dan firman Tuhan, dibandingkan saat menghabiskan waktu dengan hal yang sia-sia?
3. Setelah membaca renungan hari ini, apa yang menjadi komitmen Anda dalam melanjutkn kegerakan doa puasa ini?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, kami mengucap syukur atas kesempatan yang Kau berikan pada kami untuk semakin mendekat kepada-Mu. Tolong kami Tuhan, agar kami bisa menggunakan waktu kami sebaik mungkin dengan doa dan firman dalam gerakan doa dan puasa ini. Kami rindu untuk menjadi pribadi-pribadi yang semakin berkenan di hadapan-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”