MILIKI DAMAI SEKALIPUN DI TENGAH KONDISI APAPUN (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Mazmur 74-76
Roma 9:16-33

RHEMA HARI INI
Habakuk 3:17-18 Sekalipun pohon ara tidak berbunga, pohon anggur tidak berbuah, hasil pohon zaitun mengecewakan, sekalipun ladang-ladang tidak menghasilkan bahan makanan, kambing domba terhalau dari kurungan, dan tidak ada lembu sapi dalam kandang, namun aku akan bersorak-sorak di dalam TUHAN, beria-ria di dalam Allah yang menyelamatkan aku.

Jika kita memperhatikan, kondisi dunia belakangan ini terasa begitu gelap dan mencemaskan. Belum habis masa pandemi, kita masih harus berjuang dengan krisis ekonomi, ditambah dengan bencana alam, dan sebagainya. Dalam situasi seperti ini, apabila kita tidak waspada dan berjaga-jaga, iblis akan dengan mudah mencuri damai di hati kita. Saat damai dalam hati kita lenyap, kita akan menjadi orang yang mudah mengeluh dan selalu merasa khawatir akan pekerjaan, keluarga, kesehatan, juga masa depan kita. Berita baiknya, ayat rhema hari ini memberikan gambaran kepada kita, bagaimana seharusnya respons hati kita ketika berada dalam situasi yang kurang menyenangkan.

Ya, respon hati yang digambarkan Habakuk 3:17-18 juga dapat kita pelajari dari Gembala Sidang kita, Pastor Obaja. Saat sebelum ada pandemi, hampir setiap bulan beliau pergi melayani ke luar kota, bahkan tidak jarang ia pergi ke luar negeri. Beliau melakukan kegiatan tersebut dengan penuh semangat dan tidak kenal lelah. Namun, saat pandemi terjadi, dengan terpaksa semua kegiatan tersebut harus dihentikan. Sejak awal pandemi hingga sekarang, semua kegiatan beliau dikerjakan dari rumah. Namun, sukacita dan semangat beliau tidak luntur sedikit pun juga. Dari situ kita dapat melihat bahwa beliau berhasil menjaga hatinya tetap bersukacita dan menikmati setiap kegiatan di tengah situasi yang kurang menyenangkan.

Bila saat ini kita sedang menghadapi situasi atau kondisi yang tidak sesuai dengan harapan kita, tidak secara kebetulan jika renungan hari ini menguatkan kita, bahwa hidup kita ada dalam kendali Tuhan. Sehingga, dalam kondisi apa pun, hati kita boleh tetap tenang dan damai! Inilah yang dinamakan Damai Sekalipun! Jangan berikan kesempatan sedikit pun bagi iblis untuk mencuri damai dalam hati kita. Tangkap setiap rhema gereja kita dan ambil keputusan untuk berani melangkah, maka, dami sekalipun akan tetap ada dalam hati kita di tengah segala situasi dan kondisi. Haleluya!

RENUNGAN
Damai SEKALIPUN adalah kondisi ketika kita bisa MERASAKAN DAMAI dalam KONDISI dan SITUASI APA PUN.

APLIKASI
1. Menurut Anda, mengapa kita perlu memiliki damai sekalipun dalam menjalani hari-hari kita?
2. Bagaimana respons hati Anda selama ini dalam menghadapi keadaan dan situasi yang kurang menyenangkan?
3. Apa langkah nyata Anda untuk dapat tetap merasakan damai dalam kondisi dan situasi apapun?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa, kami percaya kuasa-Mu terlebih besar dari setiap tantangan yang kami hadapi. Kami serahkan setiap pergumulan dan kekhawatiran kami ke dalam tangan-Mu. Kami rindu damai sekalipun tetap ada dalam hati kami. Karena kami percaya hidup kami ada dalam kendali-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”