STRATEGI PERTAMA UNTUK MELEWATI MASA SUKAR [REKA]

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Yesaya 30-31
Filipi 4

BACAAN HARI INI
Ibrani 13:5-8

RHEMA HARI INI
Ibrani 13:5 Janganlah kamu menjadi hamba uang dan cukupkanlah dirimu dengan apa yang ada padamu. Karena Allah telah berfirman: “Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau.”

Memiliki sebuah rumah sendiri di usia tiga puluhan adalah impian banyak orang. Namun tak banyak yang bisa mewujudkannya. Namun seorang wanita Jepang, Saki Tamogami, bermimpi untuk memiliki tiga rumah saat ia berusia ke-34. Sejak berumur delapan belas tahun, ia pun mulai berhemat dan menabung. Setiap harinya ia membatasi pengeluaran biaya makan hanya sekitar 200 Yen, atau 26.700 rupiah. Ketika ia berusia 27 tahun, ia berhasil membeli rumah pertamanya seharga 10 juta yen, atau 1,3 miliar rupiah. Rumah keduanya seharga 18 juta yen, dan rumah ketiganya, yang ia beli di usianya yang ke-34 bulan Mei 2019 lalu, bernilai 37 juta Yen. Bahkan, ia juga memiliki sebuah café.

Dengan cara yang sama, Tuhan sudah mengajarkan tentang menabung kepada orang pilihan-Nya, Yusuf. Dengan hikmat Tuhan, ia berhasil memimpin negeri Mesir untuk lepas dari masa sukar. Dengan strateginya untuk menabung dari panen yang berkelebihan pada masa tujuh tahun kelimpahan, Yusuf berhasil membuat negeri Mesir menjadi termasyhur dan menjadi berkat bagi bangsa-bangsa lain. Bagaimana dengan kita? Apakah mode berhemat sudah menjadi kebiasaan kita, atau kita lebih suka menghabiskan berapa pun yang menjadi penghasilan kita?

Rhema hari ini mengingatkan kita bahwa hidup berhemat dan menabung adalah tindakan yang harus kita lakukan dan juga ajarkan kepada keluarga kita. Terlebih pada masa sukar ini, dengan berhemat kita bisa menabung dan menggunakannya untuk hal-hal yang mendesak, bukan hanya mencukupi kebutuhan keluarga kita sendiri, tetapi juga bisa menjadi berkat bagi orang lain. Dengan berhemat, kita bisa belajar untuk mencukupkan diri dengan apa yang ada dan tidak membiarkan uang mengendalikan hidup kita. Sepertinya bukan hal mudah jika kita sudah terbiasa dengan pengeluaran yang tinggi. Namun dengan pertolongan Tuhan, tidak ada yang sulit atau bahkan terlambat. Kita bisa memulainya dari sekarang. Dengan tekad yang kuat, kita bisa membangun ketahanan finansial yang kuat di masa-masa sukar.

RENUNGAN
Untuk MELEWATI MASA SUKAR, kita perlu memiliki STRATEGI, dan strategi pertama adalah BERHEMAT sehingga bisa MENABUNG.

APLIKASI
1. Sudahkan Anda terbiasa berhemat dan menabung selama ini? Mengapa demikian?
2. Mengapa Anda perlu berhemat dan menabung?
3. Bagaimana Anda bisa mulai berhemat dan menabung mulai dari sekarang?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, ampuni kami apabila selama ini kami telah menyia-nyiakan apa yang ada pada kami dengan hal-hal yang tidak perlu. Kami tangkap hikmat dari-Mu dan mau mulai belajar berhemat serta menabung. Mampukan kami, Tuhan, agar kami bisa membangun ketahanan finansial yang kuat dan menjadi terang dan berkat bagi orang lain. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”