MEMILIKI GAYA HIDUP SEPERTI TUHAN (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Kejadian 23-24
Matius 7

RHEMA HARI INI
1 Yohanes 2:6 Barangsiapa mengatakan, bahwa ia ada di dalam Dia, ia wajib hidup sama seperti Kristus telah hidup

Alkisah, hiduplah seorang petani yang memiliki sebuah peternakan dan memelihara beberapa macam kawanan ternak. Suatu hari anjing miliknya melahirkan anak. Anak anjing itu pun diberi nama Heli. Namun malang, induk anjing itu mati sesaat setelahnya. Karena kebetulan beberapa hari sebelumnya kambing milik petani itu juga baru saja melahirkan, petani itu meletakkan bayi anjing tersebut ke dalam kandang kambing. Induk kambing itu kemudian membesarkan bayi anjing tersebut layaknya anak sendiri. Otomatis, anjing itu bertumbuh dengan perilaku seperti kambing. Ia memakan rumput dan mengeluarkan suara mirip seperti embikan kambing.

Sang petani merasa prihatin melihat apa yang terjadi pada anjingnya, sehingga ia memutuskan untuk membeli seekor anjing lain untuk dijadikan teman. Bingo, si anjing baru yang dibeli oleh petani, langsung menghampiri Heli di hari pertama pertemuan mereka. Heli merasa heran karena belum pernah melihat anjing lain sebelumnya. Seiring pertemanannya dengan Bingo, barulah ia menyadari bahwa ia bukanlah seekor kambing. Perlahan Heli mulai mengikuti Bingo ke mana-mana. Apa pun yang Bingo lakukan, ia pun belajar menirunya. Lama-kelamaan, Heli berperilaku sebagaimana seekor anjing seharusnya.

Terkadang, sebagai anak Tuhan, kita pun suka melupakan identitas kita sebenarnya, yaitu bahwa kita memang diciptakan berbeda dengan dunia karena kita adalah anak-anak terang. Sama seperti Heli yang selalu mendekati Bingo, kita pun juga sudah sepatutnya mengikuti dan mendekat kepada Tuhan. Saat kita mendekat dan melekat kepada Tuhan, serta mengikuti dan meneladani apa saja yang dilakukan-Nya, lama-kelamaan kita akan menjadi semakin serupa dengan Tuhan. Baik dalam sikap, perkataan, dan cara berpikir kita. Oleh karena itu, layangkan mata senantiasa kepada Tuhan dan berani ambil langkah untuk mulai mengikuti pola hidup seperti Yesus, maka kita akan melihat bagaimana hidup kita akan menjadi tidak terkalahkan dan dipenuhi kemenangan demi kemenangan.

RENUNGAN
Sangat penting bagi kita untuk BELAJAR HIDUP SEPERTI TUHAN.

APLIKASI
1. Sudahkah Anda meneladani cara hidup Tuhan selama ini? Mengapa demikian?
2. Mengapa Tuhan menghendaki kita hidup seperti Tuhan?
3. Menurut Anda, bagaimanakah pola hidup seperti Tuhan itu? Buatlah komitmen untuk belajar menjadi seperti Kristus!

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan, ampuni kami apabila selama ini kami masih hidup menyerupai dunia. Kami mau belajar untuk mendekat kepada-Mu lebih lagi dan meneladani cara hidup seperti-Mu. Sehingga kami boleh menjadi terang dan garam sebagaimana Engkau menciptakan kami, dan kami boleh mengalami hidup yang berkemenangan bersama-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”