Kelepasan Besar Dari Belenggu Besar [REKA]

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Amsal 6-7
2 Korintus 2

BACAAN HARI INI

Mazmur 107:1-16

RHEMA HARI INI

Mazmur 107:14 dibawa-Nya mereka keluar dari dalam gelap dan kelam, dan diputuskan-Nya belenggu-belenggu mereka.

Selama Perang Dunia II, kamp penjara Jepang di Cabanatuan, Filipina, mengurung ratusan tawanan perang dan masyarakat sipil berkebangsaan Amerika dan Filipina. Kondisi di dalam kamp sangat memprihatinkan. Mereka bukan hanya disiksa, tetapi juga menghadapi sakit-penyakit dan kekurangan gizi. Ketika perang berlanjut, tentara Jepang mulai mengeksekusi tahanan di kamp itu. Namun Angkatan Darat AS menjalankan operasi penyelamatan yang diyakini sangat berbahaya dan beresiko tinggi. Dengan bantuan gerilyawan Filipina, akhirnya tentara Amerika berhasil mencapai 35 mil di belakang garis pertahanan tentara Jepang. Lokasi tersebut dipenuhi dengan pasukan musuh, tetapi mereka berhasil menyelinap ke kamp pada 30 Januari 1945. Mereka membuat para penjaga kewalahan sehingga bisa membawa tawanan keluar dari kamp. Secara keseluruhan ada 500 lebih tahanan yang dibebaskan. Misi penyelamatan berani tersebut kemudian dikenal dengan nama The Great Raid.

Kita baru saja merayakan Paskah, tetapi mungkin hati kita, jiwa kita, dan sukacita kita seperti sedang dibelenggu. Kita mungkin terikat dengan ketakutan akan wabah virus corona, kesehatan yang terganggu, permasalahan rumah tangga yang meruncing, atau kondisi keuangan yang sulit. Ketahuilah, Iblis ingin kita tertawan, membuat ekonomi kita hancur, bahkan hidup dalam ketakutan. Namun Tuhan ingin kita merayakan Paskah dengan sukacita besar, Tuhan mau kita hidup dengan kemenangan besar.

Membuat mujizat adalah spesialisasi Tuhan, dan segala permasalahan yang kita hadapi saat ini sesungguhnya adalah bahan baku dari mujizat. Sebab, tanpa semua itu, mujizat tidak diperlukan dalam hidup kita. Hari ini adalah kesempatan yang terbaik untuk melihat kelepasan dan kemenangan yang Tuhan sediakan bagi kita untuk mulai dikerjakan. Bagian kita adalah bangkit dalam iman dan tindakan nyata kita, maka kesulitan itu akan runtuh, ketakutan akan sirna, dan kegelapan akan diubahkan menjadi terang. Yesaya 60 digenapi dalam hidup kita, sehingga melalui hidup kita kelepasaan yang lebih besar terjadi, banyak orang akan turut dibebaskan dari kegelapan, dan nama Tuhan dimuliakan.

RENUNGAN

Tidak ada satu pun BELENGGU yang MUSTAHIL untuk Tuhan LEPASKAN.

APLIKASI

1. Belenggu apakah yang Anda rasakan hari-hari ini?
2. Mengapa Tuhan ingin melepaskan belenggu hidup Anda?
3. Bagaimana Anda bisa bangkit dalam iman agar belenggu Anda bisa dilepaskan?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa yang baik, terima kasih karena Engkau tak pernah membiarkan kami sendiri dalam segala permasalahan kami. Setiap kesulitan yang kami hadapi adalah kesempatan untuk melihat kelepasan yang lebih besar Engkau kerjakan dalam hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”