CARA UNTUK HIDUP RELAX DAN ENJOY (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Mazmur 4-6
Kisah Para Rasul 17:16-34

RHEMA HARI INI
Filipi 4:11 Kukatakan ini bukanlah karena kekurangan, sebab aku telah belajar mencukupkan diri dalam segala keadaan.

Ada seseorang yang kerap mengeluh soal uang. Masalahnya ia baru saja dapat bonus kerja yang cukup banyak. Namun entah bagaimana, uangnya itu habis begitu saja seolah tak berbekas. Tak ada yang bisa ia tabung. Bahkan anehnya, pada saat itu ia merasa kekurangan uang. Setelah diteliti, rupanya uang yang banyak itu dipakai dengan tidak bijak. Ia telah membeli beberapa barang yang sebetulnya tidak dibeli pun tidak apa-apa, apalagi harganya mahal.

Sebelum bertobat, Paulus adalah seorang yang berkuasa dan berkelimpahan materi. Namun dalam perjalanannya mengikut Kristus, sering kali hidupnya jauh dari kata “nyaman” menurut dunia. Ketika menuliskan surat Filipi, ia sedang menjadi tawanan di penjara Roma. Bukan karena Paulus hebat dan tahan banting jikalau ia telah dan dapat menanggung semua itu, tetapi karena ia belajar mencukupkan diri, menerima apa pun yang dialaminya, dan senantiasa percaya Tuhan memberikan kekuatan kepadanya (Flp. 4:11-13). Terlebih lagi, Paulus belajar menerima dengan ucapan syukur segala bentuk pertolongan saudara-saudara seimannya (Flp. 4:14-18) dan menyadari bahwa Allah akan menyediakan segala kebutuhan mereka (Flp. 4:19).

Banyak orang mengukur kebahagiaan hanya dari uang yang mereka miliki, hanya untuk mendapati bahwa mereka menelantarkan kebahagiaan mereka sendiri. Mereka bekerja tetapi tanpa diikuti dengan tujuan yang benar, yang sebenarnya merupakan bentuk pemborosan waktu dan sumber daya manusia yang berharga. Mereka bekerja tanpa memerhatikan kesehatan tubuh sendiri dan relasi dengan keluarga serta orang lain. Atau ketika mereka membiarkan diri mereka terjebak pada cara praktis mendapatkan uang, mereka terjebak dengan perbuatan mengambil apa yang bukan hak mereka, alias korupsi. Hari ini kita diingatkan lagi untuk mengukur kebahagiaan dengan selalu merasa cukup atas apa yang kita miliki. Rasa cukup akan membuat kita bersyukur atas berkat-berkat Tuhan. Rasa cukup akan menjauhkan kita dari iri hati atas berkat orang lain. Rasa cukup akan menuntun kita pada hidup yang sederhana, tak berlebihan, serta murah hati dalam memberi. Pada akhirnya, rasa cukuplah yang menjadi kunci agar hidup kita senantiasa relax dan enjoy.

RENUNGAN
Belajar MENCUKUPKAN DIRI dalam segala keadaan adalah KUNCI hidup RELAX dan ENJOY.

APLIKASI
1. Sudahkah Anda mencukupkan diri Anda selama ini? Mengapa demikian?
2. Menurut Anda, mengapa sangat penting bagi kita untuk belajar hidup mencukupkan diri?
3. Apa komitmen Anda agar hidup Anda senantiasa relax dan enjoy?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, terima kasih untuk berkat kemurahan-Mu dalam hidup kami. Kami melihat begitu banyak perbuatan baik-Mu dalam hidup kami. Ajar kami agar senantiasa dapat mencukupkan diri dalam segala keadaan, sehingga terus ada sukacita dalam hati kami. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”