LANGKAH UNTUK MEMILIKI DAMAI SEKALIPUN (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Mazmur 77-78
Roma 10

RHEMA HARI INI
1 Petrus 1:6-7 Bergembiralah akan hal itu, sekalipun sekarang ini kamu seketika harus berdukacita oleh berbagai-bagai pencobaan. Maksud semuanya itu ialah untuk membuktikan kemurnian imanmu — yang jauh lebih tinggi nilainya dari pada emas yang fana, yang diuji kemurniannya dengan api — sehingga kamu memperoleh puji-pujian dan kemuliaan dan kehormatan pada hari Yesus Kristus menyatakan diri-Nya.

Zig Ziglar dulunya adalah seorang salesman perusahaan alat masak. Hingga suatu hari ia memutuskan untuk berhenti dan fokus pada pekerjaan menulis, yang merupakan keinginannya sejak lama. Namun, di antara begitu banyak penerbit yang ia datangi, tidak ada satu pun yang menerima naskahnya. Ziglar pun sempat hilang pengharapan dan menyesal telah memutuskan keluar dari pekerjaannya yang lama. Namun, ia terus berjuang hingga akhirnya sebuah kantor penerbit kecil bernama Pelican, bersedia menerbitkan bukunya yang berjudul “See You at The Top”. Kala itu, buku Ziglar terjual sampai 250.000 kopi lebih, bahkan hingga saat ini masih terus dicetak.

Kisah yang sama seperti yang dihadapi Ziglar, juga dihadapi salah satu tokoh Alkitab yang bernama Habakuk. Diceritakan bagaimana hidup Habakuk senantiasa penuh dengan pujian dan sorak-sorai karena Tuhan. Sukacitanya ada bukan hanya ketika hasil panen berlimpah dan usaha pekerjaannya berkembang pesat. Namun, di saat kondisi panennya gagal dan hasil tuaiannya pun juga mengecewakan, Habakuk tetap bisa bersorak-sorai dan memuji Tuhan. Sikap seperti inilah yang menggambarkan damai sejahtera yang Tuhan berikan, yaitu Damai Sekalipun (Hab. 3:17-18).

Dari Ziglar dan Habakuk, kita bisa belajar bagaimana seharusnya respons hati selama menjalani masa persiapan menuju hasil akhir yang menjanjikan. Tentu bukanlah suatu hal yang mudah ketika keadaan dan situasi yang kita hadapi berbanding terbalik dengan harapan kita. Namun, justru di saat-saat itulah iman kita diuji dan dimurnikan. Apakah iman kita tergantung pada situasi kondisi ataukah pada janji Tuhan. Saat kita bangkit dalam iman percaya dan mulai melangkah mengikuti instruksi-Nya, maka ketakutan dan kekhawatiran kita pun akan lenyap. Jangan sampai kita kalah di tengah masa persiapan kita dan kehilangan iman kita. Terus jaga dan tingkatkan iman kita, sehingga damai sekalipun akan tetap ada dalam hati kita.

RENUNGAN
Ketika kita BISA MELIHAT bahwa masa persiapan adalah SAMA PENTINGNYA dengan momen mujizat, maka kita bisa memiliki DAMAI SEKALIPUN.

APLIKASI
1. Menurut Anda, mengapa penting bagi kita untuk bisa melihat masa persiapan adalah suatu hal yang penting?
2. Sudahkah Anda merespons perjalanan hidup Anda selama ini sebagai masa persiapan untuk menuju penggenapan janji Tuhan? Jika belum, mengapa?
3. Apa pengalaman Anda setelah melangkah dan mengikuti setiap rhema yang Tuhan berikan melalui gereja kita? Tuliskan!

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, kami bersyukur Engkau senantiasa membimbing dan menuntun kami agar tetap dalam jalan-Mu. Ajar kami untuk terus dapat melihat bahwa yang kami hadapi saat ini adalah masa persiapan kami untuk menuju penggenapan janji-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”