JENIS RASA BERSALAH YANG MENDATANGKAN ANUGERAH BESAR (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

1 Samuel 17-18
Lukas 11:1-28

BACAAN HARI INI
Ibrani 12:1-13

RHEMA HARI INI
Ibrani 12:6 karena Tuhan menghajar orang yang dikasihi-Nya, dan Ia menyesah orang yang diakui-Nya sebagai anak.”

Reno menjalani masa kecil yang sulit. Ibunya meninggal ketika ia masih SD, dan semenjak ayahnya menikah lagi, ia merasa ayahnya tidak mencintainya lagi. Ia pun kerap bersitegang dengan ibu tirinya. Lalu ia memutuskan untuk kabur dari rumah. Kehidupan di jalanan yang sangat keras membuatnya rela menjalankan segala cara untuk dapat bertahan hidup. Mencuri, menipu, bahkan menjual narkoba pun dilakukannya. Sampai ia tertangkap oleh pihak yang berwajib dan dijatuhi hukuman lima belas tahun penjara.

Di dalam penjara, Reno mengikuti kegiatan kristiani dan dilayani seorang pendeta. Kerap kali seusai kegiatan rohani itu, ia merenungkan apa yang disampaikan pendetanya. Perlahan ada perasaan bersalah yang bercokol dalam hatinya. Untuk pertama kali seumur hidupnya, Reno sungguh-sungguh merasa bersalah atas segala tindakan kriminal yang pernah dilakukannya. Ia pun belajar menerima segala masa lalunya yang pahit, dan belajar memaafkan ayah serta ibu tirinya. Selama mendekam di balik jeruji besi, Reno justru mengenal Yesus secara pribadi dan memperoleh keselamatan kekal. Hari-harinya pun dihabiskannya untuk memperkenalkan Yesus kepada sesama narapidana di lapas tersebut, sehingga banyak orang menjadi percaya.

Kerap kali, iblis memanfaatkan rasa bersalah atas kesalahan kita di masa lampau untuk mendakwa dan mengintimidasi kita. Karena itu, saat kita menyadari kesalahan kita, segeralah mengaku dosa dan meminta pengampunan kepada Tuhan serta berkomitmen untuk sungguh-sungguh bertobat. Percayalah bahwa Dia telah mengampuni dan melupakan pelanggaran kita. Akan tetapi, perasaan bersalah tidak selalu merupakan bentuk dari intimidasi iblis. Sebaliknya, rasa bersalah juga bisa berarti teguran dari Roh Kudus. Sehingga kita bisa mengurungkan niat saat akan melakukan sesuatu perbuatan yang tidak terpuji atau bertobat setelah menyadari kita telah berbuat salah. Kalau kita sungguh-sungguh bertobat, Tuhan pun akan bekerja dan mendatangkan kesembuhan total dalam batin kita, sehingga kita pun bisa menjalani hidup bebas dari rasa bersalah.

RENUNGAN
Rasa bersalah pada PORSI dan TAKARAN YANG TEPAT justru baik serta mendatangkan ANUGERAH YANG BESAR.

APLIKASI
1. Apakah bedanya rasa bersalah yang baik dan bukan?
2. Menurut Anda, bagaimana rasa bersalah yang baik dapat mendatangkan anugerah?
3. Apa yang akan Anda lakukan jika rasa bersalah masih membayangi Anda sekarang ini?

DOA UNTUK HARI INI
β€œTuhan Yesus, terima kasih untuk pengampunan yang telah Engkau berikan bagi setiap kami. Tuntun kami dalam setiap langkah hidup kami, ya Tuhan, agar kami bisa menyadari apabila kami melakukan kesalahan dan segera bertobat dari jalan kami yang jahat, sehingga kami boleh tetap menerima anugerah besar dari pada-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”