KALAHKAN KEKUATIRAN DAN NYALAKAN API-NYA LEBIH LAGI (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Imamat 6-7
Matius 25:1-30

RHEMA HARI INI
Filipi 4:6-7 Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apa pun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur. Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus.

Seorang anak muda terlihat murung sambil berjalan keluar dari sebuah klinik kesehatan. Wajahnya pucat dan kekuatiran sangat jelas tergambar di raut wajahnya. Di tangannya, ia menggenggam erat sebuah hasil pemeriksaan ibunya yang ternyata menderita kanker. Lalu tiba-tiba, ada suara dari dalam hatinya yang bertanya kepadanya, “Apa yang kamu kuatirkan?” Pemuda ini pun menjawab dalam hatinya, “Aku kuatir kalau ibuku tidak dapat disembuhkan. Ibu akan meninggal dan aku tidak punya siapa-siapa lagi. Bagaimana aku harus menghidupi adik-adikku?” Pertanyaan lain kembali muncul di hatinya, “Apakah semua itu sudah terjadi?” Pemuda itu pun menyadari bahwa ibunya masih terlihat sehat dan ia hanya memikirkan kemungkinan terburuk. Itulah yang membuatnya kuatir. Fakta itu membuatnya terhenyak. Tiba-tiba, ia teringat bagaimana di kelompok sel dan gerejanya ia selalu diajarkan tentang doa profetik untuk menyatakan kuasa Tuhan. Imannya pun dibangkitkan dan ia bertekad untuk terus memperjuangkan ibunya melalui doa-doa profetiknya.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata ‘kuatir’ memiliki arti takut atau gelisah dan cemas terhadap suatu hal YANG BELUM DIKETAHUI SECARA PASTI. Perasaan ini biasanya berhubungan dengan pikian negatif yang mungkin akan terjadi di masa yang akan datang. Seperti yang kita ketahui, Alkitab mengajarkan kepada kita justru apa yang kita kuatirkan, itu yang akan menimpa kita (Ayb. 3:25). Padahal, jika kita mau mengambil sisi yang lain, permasalahan yang di luar kekuatan kita justru adalah kesempatan bagi Roh Kudus menyatakan kemuliaannya.

Ya, inilah saatnya bagi kita untuk bangkit lebih lagi. Jangan izinkan kekuatiran tinggal dalam diri kita dan memadamkan api roh kita. Lihat kegerakan dan api Tuhan sedang dinyalakan lebih lagi di tengah-tengah kita. Biarkan api-Nya turun dan terus menyala atas kita. Pegang janji Tuhan, kalahkan kekuatiran, bangkit menjadi pahlawan iman, dan nyatakan terang kemuliaan-Nya jadi dalam hidup kita. Haleluya!

RENUNGAN
Saat kita menjadi KUATIR dan menelan TIPU DAYA iblis, maka api roh kita akan MEMADAM.

APLIKASI
1. Dalam hal apakah Anda masih sering mengalami kekuatiran?
2. Menurut Anda, apakah kekuatiran itu dapat menolong Anda keluar dari masalah atau justru melemahkan api yang ada dalam diri Anda?
3. Bagaimana Anda bisa terus menyalakan api-Nya supaya kekuatiran tidak lagi berkuasa dalam diri Anda? Tuliskan komitmen Anda!

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa, kami tahu bahwa api-Mu sedang Engkau nyalakan lebih lagi di tengah-tengah kami. Berikan kami kekuatan untuk selalu teguh dalam iman kami dan senantiasa mengalahkan kekuatiran kami, ya Tuhan. Karena kami tahu, api roh kami tidak boleh padam dan kami mau mengalami kemuliaan-Mu lebih lagi dinyatakan di tengah-tengah kami. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”