Yang Tertutup Rapat Akan Tuhan Buka Lebar-Lebar [REKA]

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Amsal 8-9
2 Korintus 3

BACAAN HARI INI

Yosua 6:1-21

RHEMA HARI INI

Yosua 6:20 Lalu bersoraklah bangsa itu, sedang sangkakala ditiup; segera sesudah bangsa itu mendengar bunyi sangkakala, bersoraklah mereka dengan sorak yang nyaring. Maka runtuhlah tembok itu, lalu mereka memanjat masuk ke dalam kota, masing-masing langsung ke depan, dan merebut kota itu.

Lockdown. Istilah ini sering kita dengar semenjak wabah virus COVID-19 melanda seluruh dunia. Lockdown bisa diartikan sebagai penguncian atau karantina wilayah untuk mencegah perpindahan orang, baik masuk maupun keluar wilayah tersebut, untuk tujuan tertentu yang mendesak. China, Italia, Spanyol, Malaysia, Filipina, dan India adalah beberapa negara yang pernah memberlakukan lockdown untuk mengurangi penyebaran COVID-19. Sekolah, perkantoran, transportasi umum, dan segala sarana umum harus tutup. Semua warga negara hanya tinggal di rumah dan tidak diperkenankan keluar rumah.

Yerikho pun pernah melakukan lockdown, yaitu menutup rapat-rapat pintu gerbangnya, sehingga bangsa Israel tidak bisa masuk (ay.1). Tidak seorang pun diperbolehkan keluar atau masuk ke kota Yerikho. Namun, karena mandat telah diberikan kepada Yosua untuk mengambil alih Tanah Perjanjian, maka apa yang coba ditutup oleh bangsa Yerikho, justru akhirnya dibuka dan diruntuhkan oleh Tuhan. Dalam sekejap, Yosua dan bangsa Israel maju, menyerang, merebut, dan mengambil alih. Semuanya ini terjadi tidak lama setelah Yosua dan orang Israel merayakan Paskah di Gilgal di dekat Yerikho.

Bisa jadi sekarang kita juga mengalami “lockdown”atau sedang berada dalam keadaan yang terkunci. Seolah-olah jalan keluar menjauhi kita. Namun, Paskah kali ini Tuhan Yesus membawakan kunci bagi kita semua. Dia yang akan membukakan kunci bagi pintu-pintu permasalahan kita yang telah tertutup rapat selama ini. Tuhan Yesus membawakan kunci untuk memberikan kesembuhan bagi sakit-penyakit dan jawaban bagi apa pun permasalahan hidup kita. Tuhan Yesus akan membukakan lebar-lebar apa yang selama ini sudah tertutup rapat. Musuh boleh mencoba untuk menutup rapat-rapat, tetapi kalau tangan Tuhan sudah bekerja, maka tidak ada yang bisa tetap menutupnya. Percaya dan imanilah kelepasan yang besar akan terjadi dalam hidup kita. (LEW)

RENUNGAN

Apa yang selama ini TERTUTUP RAPAT akan Tuhan BUKAKAN LEBAR-LEBAR.

APLIKASI

1. Apakah ada hal yang seolah masih tertutup rapat dalam hidup Anda? Ceritakan!
2. Mengapa kita harus mempercayai bahwa Tuhan pasti akan membukakan jalan yang tertutup bagi kita?
3. Apa yang Anda lakukan agar Tuhan bukakan lebar-lebar apa yang tertutup rapat selama ini?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa, terima kasih jikalau masih ada hal-hal yang saat ini masih tertutup rapat, seolah-olah tidak ada jalan keluar. Kami percaya, Engkau pasti akan membukakan jalan lebar-lebar dan kemenangan Engkau berikan kepada kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”