MILIKI TUJUAN YANG BENAR DALAM BERPUASA (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Amsal 8-9
2 Korintus 3

RHEMA HARI INI
Matius 7:7-8 “Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu. Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan.

Tidak semua orang tahu hal ini. Timbangan yang digunakan untuk mengukur suatu berat secara akurat juga terkadang perlu dicek dan diatur ulang. Tujuannya adalah untuk memastikan agar timbangan tersebut menunjukkan hasil yang tepat. Karena pemakaian timbangan yang terus-menerus dapat mengakibatkan adanya sedikit pergeseran kalibrasi, yang bisa memengaruhi hasil timbangan dan menjadi kurang pas. Pengaturan ini dilakukan sekali dalam suatu periode tertentu dengan menggunakan alat yang bernama Tera.

Jika sebuah timbangan saja perlu ditata ulang agar bekerja dengan tepat dan benar, begitu juga dengan hati kita. Banyaknya tekanan dan beban yang kita terima, terkadang membuat hati kita dalam kondisi yang tidak stabil. Akibatnya, kita menjadi tidak bersemangat, putus asa, kecewa, dan akhirnya hati kita mulai serong dari kehendak dan tujuan Tuhan. Tidak secara kebetulan jika gereja kita sedang dalam gerakan doa puasa, karena puasa adalah momen untuk menera ulang hati kita, agar senantiasa didapati tetap berjalan dalam kehendak Tuhan. Bagaimanapun, Tuhan melihat motivasi dan kesungguhan hati dalam berpuasa. Bukan untuk mendapat berkat atau mujizat Tuhan secara cepat, tetapi sungguh-sungguh karena kita rindu mencari wajah Tuhan.

Saat kita memiliki motivasi yang benar dan konsisten melakukan puasa kita dengan sungguh-sungguh, maka janji Tuhan adalah Ya dan Amin. Oleh karena itu, arahkan hati kepada Tuhan dan tangkap setiap rhema dan kegerakan yang ada di gereja kita. Mari, melalui momentum doa puasa masal bulan ini, kita arahkan target utama hati kita dalam berpuasa dengan benar dan sungguh-sungguh. Jangan sampai tujuan hati kita dalam berpuasa hanya untuk kebutuhan kita saja, tetapi milikilah juga hati yang rindu untuk memperluas Kerajaan Allah di dunia ini, yaitu selamatkan jiwa. Mintalah tuntunan Roh Kudus untuk menunjukan siapa saja orang-orang yang harus kita doakan. Miliki pula kerinduan untuk senantiasa mendoakan visi gereja kita dan anggota komsel kita. Sampai kita melihat pintu terobosan Tuhan dibukakan atas setiap kita. Amin.

RENUNGAN
Milikilah TUJUAN PUASA yang jelas dan berpuasalah dengan SUNGGUH-SUNGGUH.

APLIKASI
1. Sudahkah Anda memiliki tujuan puasa yang jelas selama ini? Jika sudah atau belum, mengapa demikian? Renungkanlah.
2. Menurut Anda mengapa kita harus memiliki tujuan puasa yang jelas dan berpuasa dengan sungguh-sungguh?
3. Menurut Anda, hal-hal apa sajakah yang dapat menyebabkan kita tidak memiliki tujuan puasa yang jelas, dan bagaimana Anda dapat mengatasinya? Tuliskan.

DOA UNTUK HARI INI
“Ya Tuhan, terima kasih untuk segala berkat kemurahan dalam hidup kami. Ajar kami untuk senantiasa dapat memiliki tujuan yang berkenan di hati-Mu selama kami melakukan doa puasa. Mampukan setiap kami untuk dapat berkomitmen untuk menjalankan doa puasa dengan sungguh-sungguh.
Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”