KUNCI UNTUK JATUH CINTA KEPADA ROH KUDUS (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Ezra 3-5
Yohanes 20

RHEMA HARI INI
Mazmur 51:13 Janganlah membuang aku dari hadapan-Mu, dan janganlah mengambil roh-Mu yang kudus dari padaku!

Bagi Yoel, hal kerohanian hanyalah sebuah rutinitas. Sedari kecil ia memang terbiasa beribadah ke gereja setiap Minggu. Namun tidak ada sesuatu yang istimewa bagi Yoel. Bahkan ia sempat antipati dengan gereja Kristen karismatik karena dianggapnya terlalu fanatik. Dulu ia sering menertawakan orang yang berbahasa roh dan menjadikannya bahan olokan. Sampai setelah dewasa, Yoel menghadapi badai besar dalam hidupnya. Saat itulah ia baru menyadari bahwa ia sangat butuh Tuhan. Semua hal yang berbau kerohanian dilahapnya seperti orang yang kehausan dan kelaparan. Ia ikut komsel, SOM, Retret Encounter, dan rajin membaca firman.

Satu pagi, saat Yoel bersaat teduh, Roh Kudus turun memenuhi hati dan pikirannya. Hadirat Tuhan begitu kuat, hingga Yoel hanya bisa menangis dan menangis. Merasakan betapa Tuhan mengasihi dan memeliharanya. Bahkan sejak ia masih hidup sembarangan dan seenaknya, Tuhan telah terlebih dahulu mengasihinya. Pagi itu, Yoel jatuh cinta dengan Roh Kudus. Kini ia mengerti mengapa orang Kristen begitu gigih mencari dan selamatkan jiwa, sesuatu yang dulu membuatnya selalu menghindar dari orang Kristen. Sebab hanya cinta Roh Kuduslah yang sejati. Cinta yang begitu murni tanpa syarat. Cinta yang sanggup memulihkan, mengubahkan, dan menyelamatkan.

Ya, ketika kita sungguh-sungguh mencari Tuhan dan berusaha sekuat tenaga menghidupi firman-Nya, Roh Kudus akan memenuhi hidup kita. Dia akan membuat kita bisa mengerti dan memahami perasaan Tuhan dan apa kehendak-Nya atas diri kita. Tak ada seorang pun yang bisa tahan untuk tidak jatuh cinta pada-Nya setelah mengenal-Nya. Ungkapan hati Daud yang begitu mencintai Roh Kudus dalam Mazmur 51:13, seakan mewaliki apa yang kita rasakan. Di tahun Roh Kudus ini, mari kita penuhi hati dan pikiran kita dengan Roh Kudus. Berikan Dia tempat utama dan biarkan Dia berkarya sepenuhnya, maka kita akan melihat betapa dahsyat dan luar biasa, apa yang Dia kerjakan dalam kehidupan kita. (PF)

RENUNGAN
Kita akan JATUH CINTA kepada Roh Kudus ketika kita mengalami KEPENUHAN ROH KUDUS.

APLIKASI
1. Apa yang bisa Anda jelaskan tentang Roh Kudus?
2. Ingatkah Anda kapan dan bagaimana Anda jatuh cinta pada Roh Kudus? Apa yang terjadi dalam hidup Anda setelahnya?
3. Komitmen apa yang bisa Anda ambil untuk dapat mengalami kepenuhan Roh Kudus?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, sungguh kami mengucap syukur atas Roh Kudus-Mu yang telah Kau anugerahkan pada setiap kami. Roh penolong yang lemah lembut dan begitu sabar menuntun kami. Yang senantiasa menghibur dan menguatkan kami. Kami mencintai-Mu, Roh Kudus. Tinggal dan berkaryalah sepenuhnya dalam hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”