MENGALAMI PENGALAMAN ROHANI YANG BERBOBOT [REKA]

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Hosea 1-4
Wahyu 1

BACAAN HARI INI
Yeremia 15:15-21

RHEMA HARI INI
Yeremia 15:16 Apabila aku bertemu dengan perkataan-perkataan-Mu, maka aku menikmatinya; firman-Mu itu menjadi kegirangan bagiku, dan menjadi kesukaan hatiku, sebab nama-Mu telah diserukan atasku, ya TUHAN, Allah semesta alam.

Sebuah buku tebal tampak berdebu dan tergeletak di tumpukan buku-buku lainnya. Buku itu terlihat tidak pernah dibuka apalagi dibaca oleh pemiliknya. Tulisan di atas buku itu tercetak cukup jelas, yaitu “Alkitab”. Sebenarnya Alkitab itu adalah milik Dina. Dulu buku itu selalu dibuka dan dibaca setiap hari, tetapi sejak di-PHK dari kantornya, ia menjadi marah kepada Tuhan dan enggan mencari-Nya lagi. Kini, mujizat Tuhan yang dulu sering dialami Dina tidak pernah lagi dialaminya.

Berbeda dengan Daniel yang begitu mencintai firman Tuhan. Berawal dari membaca firman Tuhan dan memperhatikan kitab Yeremia, ia mengerti bahwa Tuhan memang membawa bangsa Israel masuk dalam pembuangan selama 70 tahun. Lalu setelah itu ia mulai berdoa sambil berpuasa dan berkabung serta memohon. Tuhan pun mengutus malaikat Gabriel untuk mengajari Daniel dan memberinya akal budi untuk mengerti firman Tuhan dengan begitu jelas. Alkitab pun mencatat, sepanjang hidup Daniel, sampai masa tuanya, hidupnya dipenuhi dengan kuasa dan mujizat Tuhan.

Kita pun bisa mengalami perkara-perkata spektakuler seperti Daniel. Kuncinya adalah mau membaca, memperhatikan, dan juga meresponi firman Tuhan. Semua kejadian spektakuler yang Daniel alami pun diawali dari hal sederhana, yaitu membaca kitab Yeremia. Kalau kita jarang mengalami hal-hal yang luar biasa seperti Daniel, mungkin itu karena kita belum membaca firman Tuhan dengan sungguh-sungguh. Atau kita sudah membaca, tetapi belum sampai di tahap memperhatikan dan merenungkan, apalagi sampai meresponi. Mulai sekarang, marilah kita membaca, memperhatikan, dan merenungkan, serta meresponi firman Tuhan. Jadilah pelaku firman, sehingga manusia roh kita bisa bertumbuh pesat dan kita akan memiliki kehidupan roh yang berbobot. Alkitab adalah salah satu menu makanan roh yang super, karena itu jangan pernah kita lewatkan dalam hidup kita, agar kita memiliki kehidupan roh yang solid di tengah keadaan dunia yang tidak menentu ini. (LEW)

RENUNGAN
Pengalaman KUASA DAN MUJIZAT TUHAN YANG SPEKTAKULER akan menjadi bagian dari orang-orang yang selalu MERENUNGKAN FIRMAN SERTA MERESPONINYA.

APLIKASI
1. Mengapa Anda harus merenungkan dan meresponi firman Tuhan?
2. Apakah pengalaman kuasa dan mujizat spektakuler yang sudah Anda alami dalam hidup Anda?
3. Apakah komitmen Anda agar Anda memiliki pengalaman kuasa dan mujizat Tuhan yang spektakuler? Sebutkan!

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, kami bersyukur karena Engkau selalu memberikan makanan rohani yang super pada kami. Kami mau selalu merenungkan dan meresponi firman-Mu dalam hidup kami. Kami percaya, kuasa dan mujizat spektakuler pasti akan kami alami. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”