FONDASI UTAMA DALAM MEMPERJUANGKAN PEMULIHAN KELUARGA [REKA]

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Yeremia 48-49
Ibrani 7

BACAAN HARI INI
1 Petrus 4:7-13

RHEMA HARI INI
1 Petrus 4:8 Tetapi yang terutama: kasihilah sungguh-sungguh seorang akan yang lain, sebab kasih menutupi banyak sekali dosa

Ada sepasang suami istri yang berjalan melintasi gurun pasir. Di tengah perjalanan, mereka bertengkar dan suaminya menghardik istrinya dengan sangat keras. Sang istri merasa sakit hati, tetapi tanpa berkata-kata, ia menulis di atas pasir: Hari ini suamiku menyakiti hatiku. Lalu mereka terus berjalan sampai menemukan sebuah oasis. Si istri mencoba berenang, tetapi nyaris tenggelam. Untung suaminya berhasil menyelamatkannya. Kemudian ia menulis di sebuah batu: Hari Ini suamiku menyelamatkan nyawaku. Sang suami pun bertanya, “Kenapa setelah saya melukai hatimu, kamu menulisnya di atas pasir dan sekarang kamu menulis di atas batu?” Istrinya menjawab sambil tersenyum, “Perbuatan burukmu aku tulis di atas pasir agar ketika angin berhembus, tulisan itu akan terhapus. Dan perbuatan baikmu, aku harus memahatnya di atas batu, agar tidak bisa hilang tertiup angin.”

Ilustrasi di atas adalah salah satu perwujudan kasih. Perhatikan apa yang dikatakan Petrus dalam ayat rhema kita hari ini: “Tetapi yang terutama: kasihilah sungguh-sungguh seorang akan yang lain, sebab kasih menutupi banyak sekali dosa.” Dalam ayat tersebut, Petrus mengingatkan kepada kita bahwa kita dipanggil bukan hanya untuk mengasihi mereka yang tidak menyakiti kita. Namun, kasih adalah tetap mengasihi walaupun kita disakiti dan dilukai.

Dalam kehidupan keluarga, wajar bila terjadi konflik atau perbedaan pendapat. Terutama dalam situasi seperti saat ini, ketika pandemi melanda dunia. Meski kita berselisih paham dengan keluarga, kondisi memaksa kita untuk terus bersama mereka, sehingga konflik terus meruncing. Namun, kita bisa memilih bagaimana kita merespons dan bertindak. Ya, kasih adalah memilih yang terbaik untuk kebaikan keluarga kita, sehingga kita bisa mewujudkan iman kita untuk pemulihan keluarga. Tak peduli seberapa kacau pun kondisinya saat ini. Walaupun mungkin banyak hal yang akan mengguncang keluarga kita, tetapi jika kita memiliki kasih sebagai fondasi utama dalam keluarga kita, maka akan tercipta kebersamaan yang selalu akan menguatkan kita.

RENUNGAN
KASIH adalah FONDASI UTAMA supaya kita tetap bisa MENDOAKAN dan MEMERJUANGKAN keluarga kita.

APLIKASI
1. Apakah saat ini Anda sedang ada konflik dengan salah satu keluarga Anda?
2. Mengapa kasih adalah fondasi utama dalam sebuah keluarga? Apa yang terjadi dalam keluarga Anda ketika kasih menjadi fondasi utama dalam keluarga Anda?
3. Komitmen apa yang Anda ambil untuk merealisasikan renungan hari ini?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus yang baik, terima kasih untuk segala berkat dan kemurahan-Mu dalam keluarga kami. Terus ajar kami agar kami memiliki kasih sebagai fondasi utama dalam keluarga kami, sehingga keluarga kami memiliki kesatuan yang luar biasa di tengah pandemi saat ini. Terima kasih Tuhan. Di dalam nama