PERANAN KEPALA KELUARGA YANG TERPENTING (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Yesaya 34-36
Kolose 2

RHEMA HARI INI
1 Petrus 3:7 Demikian juga kamu, hai suami-suami, hiduplah bijaksana dengan isterimu, sebagai kaum yang lebih lemah! Hormatilah mereka sebagai teman pewaris dari kasih karunia, yaitu kehidupan, supaya doamu jangan terhalang.

Kita semua tahu bahwa seyogianya seorang kepala keluarga berperan sebagai imam atas semua anggota keluarganya. Hal itu berarti, tugas seorang pria bukan hanya sebagai tulang punggung secara jasmani yang memberi nafkah dan memenuhi kebutuhan hidup keluarganya, tetapi juga sebagai tulang punggung rohani keluarganya. Deskripsi tugas imam dalam kitab Imamat pun mengajari kita betapa pentingnya peran imam dalam menentukan nasib suatu bangsa di hadapan Tuhan. Jikalau yang ia perbuat adalah dosa di mata Tuhan, maka seluruh bangsanya turut bersalah. Demikian juga sebaliknya, jika Tuhan memandangnya benar maka berkat akan turun atas bangsanya.

Ini juga merupakan petunjuk bagaimana seorang kepala keluarga harus mengambil peran sebagai imam untuk dapat membawa keluarganya mengalami janji Tuhan. Tugas-tugas imam dalam Perjanjian Lama seperti mempersembahkan korban, mengadakan doa syafaat, dan memberkati bangsanya dapat kita aplikasikan dalam kehidupan keluarga kita. Kita pun harus mengusahakan agar senantiasa hidup dalam kekudusan, membangun mezbah keluarga, dan mendoakan seluruh anggota keluarga. Di saat seorang kepala keluarga dapat sungguh-sungguh berperan dan berfungsi sebagai imam maka dipastikan perkenanan dan kasih karunia Tuhan akan melimpah dalam keluarga tersebut.

Mari, sesibuk apa pun kita di luar rumah, tetap prioritaskan peran kita sebagai pria dalam keluarga kita, yaitu imam di hadapan Tuhan. Layani sungguh-sungguh setiap anggota keluarga kita. Kejar kehendak dan perkenanan Tuhan atas keluarga kita, maka kita semua akan mengalami terang Tuhan yang ajaib di tahun Roh Kudus ini!

RENUNGAN
Peranan KEPALA KELUARGA yang TERPENTING adalah menjadi IMAM dalam keluarga.

APLIKASI
1. Apa yang dimaksud pria harus berperan sebagai imam dalam keluarga?
2. Mengapa nasib suatu keluarga sangat bergantung pada peran kepala keluarga sebagai imam?
3. Bagaimana kita dapat menggenapi peran tersebut?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa, urapi setiap kami untuk dapat mengambil peran sebagai imam dalam keluarga kami. Roh Kudus yang lawat setiap kami. Sehingga kami dimampukan untuk mengerjakan tanggung jawab kami sebagai imam. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”