TEMPAT TERBAIK UNTUK BEBAS DARI RASA BERSALAH (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

1 Samuel 19-21
Lukas 11:29-54

BACAAN HARI INI
Ayub 22:21-30

RHEMA HARI INI
Ayub 22:29 Karena Allah merendahkan orang yang angkuh tetapi menyelamatkan orang yang menundukkan kepala!

Tanpa sengaja Doni membunuh bebek kesayangan kakeknya. Dalam benaknya langsung terbayang wajah marah sang kakek. Ia pasti akan dihukum! Cepat-cepat Doni menyembunyikan bebek yang sudah mati itu. Tidak ada yang tahu selain kakaknya yang melihat kejadian itu. Doni memohon kepada kakaknya supaya tidak menceritakan peristiwa itu kepada siapa pun. Hari demi hari Doni lalui dengan perasaan tidak tenang. Ia selalu waswas rahasianya terbongkar. Apalagi, sang kakak juga mengambil keuntungan darinya. Setiap hadiah, oleh-oleh, atau apa pun yang kakek berikan untuk mereka berdua, sang kakak selalu meminta bagian Doni.

Sampai akhirnya, Doni tidak tahan lagi dengan semua tekanan yang ia alami. Ia lawan semua perasaan takutnya dan memutuskan untuk mengakui semua kesalahannya kepada sang kakek. Ternyata, respons sang kakek sangat di luar dugaan. Sang kakek sudah mengetahui hal itu sejak hari pertama bebek kesayangannya mati. Sang kakek pun tahu bagaimana Doni ditekan oleh kakaknya. Yang lebih mengejutkan, sang kakek berkata bahwa Doni sudah dimaafkan sejak hari bebeknya mati, dan ia menunggu Doni untuk datang kepadanya. Setelah mendengar semua itu, Doni menyesali mengapa baru sekarang ia datang kepada sang kakek. Seandainya Doni segera menemui kakeknya, ia tidak perlu kehilangan banyak berkat, damai sejahtera, dan kesenangan-kesenangan yang sudah terlanjur diambil oleh kakaknya.

Ya, seperti itulah gambaran hidup kita jika kita memilih untuk menyembunyikan kesalahan dan merasa bisa membereskannya sendiri tanpa perlu datang kepada Tuhan. Yang kita dapatkan bukannya kebebasan, tetapi justru tekanan, intimidasi, kegelisahan, dan banyak berkat tidak bisa kita rasakan. Namun, ketika kita mau datang dan merendahkan diri di hadapan Tuhan dan mengakui semua perbuatan kita, pengampunan Tuhan pasti tersedia. Kuasa-Nya lebih dari cukup untuk menebus kita dari dosa-dosa kita, sehingga kita boleh hidup bebas dari rasa bersalah. Bahkan, Dia akan ada di pihak kita dan kita akan dimampukan untuk bangkit kembali meraih kemenangan dan kemuliaan yang sudah disediakan bagi kita. Haleluya!

RENUNGAN
Kita bisa hidup bebas dari rasa bersalah ketika kita MERENDAHKAN DIRI di hadapan Allah dengan MENGAKUI SEGALA DOSA DAN KESALAHAN kita.

APLIKASI
1. Adakah kesalahan yang masih Anda simpan dan tutup rapat-rapat sampai hari ini? Bagaimana kesalahan itu mempengaruhi hidup Anda?
2. Menurut Anda, bagaimanakah Tuhan memandang Anda dengan kesalahan itu?
3. Apa yang Anda dapatkan untuk Anda harus lakukan setelah Anda mmbaca renungan dan firman hari ini? Tuliskan komitmen Anda!

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, terima kasih atas pengampunan yang sudah Engkau sediakan bagi kami. Kami sadar bahwa kami tidak bisa menyelesaikan kesalahan kami sendiri. Dan hari ini, kami mau datang kepada-Mu dan mengakui semua kesalahan-kesalahan kami. Kami percaya akan ada kebebasan, damai sejahtera, bahkan berkat-berkat yang kami terima. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”