TERANG TUHAN TAK AKAN PERNAH TERHALANG OLEH KEGELAPAN (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Imamat 8-10
Matius 25:31-46

BACAAN HARI INI
1 Yohanes 4:1-12

RHEMA HARI INI
1 Yohanes 4:4b sebab Roh yang ada di dalam kamu, lebih besar dari pada roh yang ada di dalam dunia.

Ketika kita masih duduk di Sekolah Dasar, kita telah diajarkan bahwa “lawan gelap adalah terang.” Mendengar kata “lawan” mungkin kita sempat berpikir bahwa terang dan gelap mempunyai kekuatan yang sama atau sebanding. Namun yang sebenarnya adalah, terang lebih kuat daripada gelap. Sepekat-pekatnya gelap, ketika terang datang, gelap itu pun lenyap.

Janji Tuhan adalah terang bagi kehidupan kita. Saat hidup kita dipenuhi banyaknya masalah dan persoalan, hati dan pikiran kita menjadi gelap. Sering kali kita pun kehilangan arah dan bingung menentukan langkah yang selanjutnya. Hati kita menjadi suram, takut, gelisah, dan semua bayangan negatif mulai bermunculan. Namun jika kita ingat dan berpegang teguh pada janji Tuhan, maka janji itu akan menjadi terang yang melegakan, memberi pengharapan dan sukacita. Terang yang akan mengusir kegelapan terpancar keluar dari hati, pikiran, dan hidup kita.

Mengetahui hal ini, iblis pun tidak tinggal diam. Ketika Tuhan berjanji, iblis akan berusaha untuk menghalangi. Iblis akan memperkeruh keadaan dan menimbulkan banyak masalah, supaya janji Tuhan tidak tergenapi. Janji Tuhan yang kita terima awal tahun 2020 adalah tahun kemuliaan Tuhan. Baru memasuki awal tahun, serbuan virus melanda seluruh dunia, sehingga tahun ini menjadi tahun yang penuh penderitaan, kesedihan, ketakutan, dan kehancuran. Namun sejak awal tahun pula Tuhan telah memberikan rhema Yesaya 60. “Sebab sesungguhnya kegelapan menutupi bumi, dan kekelaman menutupi bangsa-bangsa; tetapi terang Tuhan terbit atasmu, dan kemuliaan-Nya menjadi nyata atasmu (ay.2)”. Peringatan sekaligus janji, telah Tuhan berikan bahkan sebelum iblis mulai bergerak. Saat ini, jika hati dan pikiran kita sedang dilanda kegelapan, ingat dan imani janji Tuhan. Sekalipun iblis berusaha untuk menghalangi, tetapi perjanjian Tuhan tak tergoyahkan. Keadaan yang buruk sanggup Tuhan ubahkan menjadi kebaikan, bahkan kemuliaan yang besar. Pegang erat-erat janji Yesaya 60 dan lihatlah bagaimana terang Tuhan muncul sebagai pelangi kemuliaan dalam hidup kita. (PF)

RENUNGAN
Kegelapan boleh berusaha MENGHALANGI, tetapi terang Tuhan TIDAK AKAN TERHALANG.

APLIKASI
1. Apakah bentuk kegelapan yang sedang Anda rasakan sekarang ini?
2. Apa yang Anda rasakan setelah menyadari bahwa kegelapan tak lagi berkuasa jika ada terang?
3. Apa yang harus Anda lakukan supaya terang Tuhan ada dalam hidup Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, kuatkanlah hati kami. Biarlah mata kami hanya melihat pada janji-Mu dan bukan pada kegelapan di sekitar kami. Kami percaya, ketika Engkau telah berfirman, maka tak ada satu kekuatan pun yang bisa menghalanginya. Terang-Mu yang ajaib menenangkan dan meneguhkan langkah-langkah kami menuju pada penggenapan janji-Mu. Terima kasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”