KUNCI UNTUK BISA DIPAKAI DALAM PERKARA BESAR (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Imamat 8-10
Matius 25:31-46

RHEMA HARI INI
Lukas 16:10 “Barangsiapa setia dalam perkara-perkara kecil, ia setia juga dalam perkara-perkara besar. Dan barangsiapa tidak benar dalam perkara-perkara kecil, ia tidak benar juga dalam perkara-perkara besar.

Cita- cita terbesar Rina lenyap di depan mata. Setelah berusaha sedemikian rupa, ia masih gagal lolos untuk menjadi pegawai negeri. Ia begitu kecewa dan berubah sikap dari yang awalnya penuh pengharapan dan semangat, kini menjadi lesu serta pesimis. Pekerjaan yang dapat ditemukan tangannya pun ia kerjakan sekenanya. Baik itu dalam hal pekerjaan rumah maupun pelayanan. Akibatnya, tidak ada satu pun yang terselesaikan dengan beres. Melihat kelakuan Rina, kakaknya akhirnya berkomentar, “Pantas saja Tuhan belum juga mempercayakan perkara besar kepadamu. Untuk perkara-perkara kecil saja kamu belum bisa setia.”

Kejadian serupa pasti juga pernah kita alami. Kita sudah bekerja sebaik yang kita bisa, tetapi hasilnya belum nyata. Pelayanan dan persembahan terbaik sudah kita berikan, tetapi apresiasi atau pertolongan Tuhan seolah tak kunjung datang. Tekanan situasi dapat membuat kita kecewa, marah, tidak terima dengan keadaan, dan terburuknya sampai menolak Tuhan. Api yang mengobarkan semangat bekerja, melayani, dan menjadi berkat memudar. Bahkan, kalau kita tidak berhati-hati, musuh dapat memanipulasi api menjadi kobaran dendam, kemarahan, dan kekecewaan yang justru menghancurkan hidup kita. Jangan sampai sudah jatuh, tertimpa tangga pula, karena kesalahan kita sendiri.

Ayat bacaan hari ini mengingatkan untuk setia pada setiap perkara yang Tuhan percayakan pada kita. Sekecil apa pun, setidak nampak apa pun, atau seberapa pun menyakitkan yang harus kita hadapi dan alami, anggaplah itu semua sebagai cara Tuhan memurnikan hati serta niat kita dalam segala hal yang kita lakukan. Sebab, barangsiapa tidak benar dalam perkara kecil, ia tidak akan benar dalam perkara besar. Biarkan api Tuhan turun dan terus menyala serta konsisten besar atas hidup kita. Janganlah menyerah dengan didikan Tuhan. Tetaplah setia bekerja dan melayani dengan nyala api Tuhan. Karena kita percaya, jerih payah yang kita lakukan buat Tuhan tidak akan pernah sia-sia.

RENUNGAN
Untuk bisa DIPAKAI dalam PERKARA BESAR, maka nyala API ROH harus KONSISTEN BESAR.

APLIKASI
1. Mengapa api roh harus konsisten besar?
2. Bagaimana kita dapat dipakai dalam perkara besar?
3. Bagaimana agar api Tuhan konsisten besar dalam hidup Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, kami mau api-Mu konsisten besar atas kami. Ajar kami setia dalam perkara kecil agar kami mampu berlaku benar dalam perkara besar.
Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin”