PRIBADI YANG SELALU SIAP MENOLONG DAN MENYELAMATKAN [REKA]

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Kejadian 27-28
Matius 8:18-34

BACAAN HARI INI
Mazmur 121:1-8

RHEMA HARI INI
Mazmur 121:2-3 Pertolonganku ialah dari TUHAN, yang menjadikan langit dan bumi. Ia takkan membiarkan kakimu goyah, Penjagamu tidak akan terlelap

Pernahkah Anda mendengar dongeng tentang Pinokio? Pinokio adalah sebuah boneka kayu yang lucu dan nakal. Pinokio awalnya adalah boneka kayu yang dibuat oleh seorang kakek pemahat kayu, kemudian kakek tersebut menjadi ayah bagi Pinokio. Ia dipanggil Papa Geppetto. Papa Geppetto ini sudah tua dan sangat mengasihi Pinokio. Sayang sekali, Pinokio mudah sekali tertipu dan jatuh dalam jebakan. Singkat cerita, karena Pinokio suka malas dan tidak taat kepada papanya, maka ia diberikan seorang teman yang bernama Jimmy Jangkrik. Jimmy Jangkrik pun berperan sebagai penolong dan penasihat supaya Pinokio tidak nakal dan mudah tertipu.

Itulah sepenggal kisah dongeng Pinokio. Banyak versi dongeng tentang boneka kayu ini, tetapi, ada satu hal yang bisa kita ambil sebagai contoh, yaitu adanya seorang penolong. Sama halnya dengan Papa Gepetto yang memberikan penolong bagi Pinokio, begitu pula dengan kita. Di tengah situasi dunia yang tidak menentu, ancaman virus corona di mana-mana, penurunan ekonomi, vonis dokter, keluarga berantakan, dan masih banyak hal lain yang bisa membuat kita stres, ketakutan, cemas, serta merasa tidak mampu lagi untuk menjalani hidup, kita patut bersyukur bahwa Tuhan mengetahui kondisi kita. Oleh karena itu, Tuhan mengirimkan seorang penolong yang siap membantu kita setiap saat, yaitu Roh Kudus.

Ya, Roh kudus adalah pribadi yang siap menolong dan menyelamatkan kita setiap hari, bahkan 24 jam nonstop. Melibatkan Roh Kudus dalam setiap aspek kehidupan kita, membuat kita mampu melewati segala perkara dan rintangan dalam hidup ini. Jangan putus pengharapan, karena Tuhan tidak akan membiarkan kaki kita goyah. Dia akan menghembuskan angin profetik Roh Kudus untuk kita, sehingga Roh Kudus bisa menuntun, menolong, serta menopang kita untuk menempuh jalan hidup yang berliku-liku ini, sehingga kita tidak terpeleset dan jatuh tergeletak.

RENUNGAN
ROH KUDUS adalah PRIBADI yang siap MENOLONG dan MENYELAMATKAN kita 24 JAM NONSTOP setiap hari.

APLIKASI
1. Menurut Anda, apa pentingnya mengandalkan Roh Kudus dalam perjalanan hidup Anda?
2. Sudahkah Anda selama ini berjalan dengan senantiasa mengandalkan pertolongan Roh Kudus?
3. Setelah membaca renungan ini, apa komitmen Anda untuk mengaplikasikan renungan hari ini?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus yang baik, kami sangat bersyukur dan berterima kasih untuk Roh Kudus-Mu yang Engkau kirimkan dalam kehidupan kami. Kami percaya, kami sanggup melewati segala rintangan dan proses dalam hidup ini bersama Roh Kudus. Terima kasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”