SALAH SATU BAGIAN DALAM PERJANJIAN BERKAT (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Mazmur 10-12
Kisah Para Rasul 19:1-20

RHEMA HARI INI
Roma 13:8a Janganlah kamu berhutang apa-apa kepada siapapun juga,

Tahun-tahun terakhir ini, Tuhan telah membawa kita menyaksikan karya Tuhan yang luar biasa atas gereja-Nya di Nigeria, sehingga kita dapat belajar tentang kegerakan gereja terbesar di dunia yang di pimpin oleh Pastor EA Adeboye tersebut. Banyak hal yang membuat kita semua kagum, salah satunya adalah bagaimana cara mereka membiayai seluruh operasional gereja yang tentu saja jumlahnya juga tidak main-main besarnya. Terlebih dengan luas gedung gereja yang mencapai jutaan meter, serta hamba-hamba Tuhan di setiap gereja cabang yang berada hampir di seluruh dunia, dan berbagi fasilitas penunjang lainnya. Salah satu rahasia yang semakin membuat kita kagum akan kedahsyatan Tuhan adalah gereja ini menjalankan itu semuanya tanpa berhutang sepeser pun! Bebas hutang!

Jika kita melihat keadaan dunia saat ini, hampir seluruh negara di dunia ini sedang dalam keadaan yang sulit, bahkan terjadi resesi ekonomi di mana-mana. Sehingga, sebagian besar orang di dunia ini merasakan dampaknya. Tak sedikit dari mereka terpaksa memilih jalan untuk berhutang. Lalu pada akhirnya tidak kuat dalam menghadapi tekanan berat akibat hutang dan berujung dengan stres berat. Hal ini jelas menunjukkan bahwa semakin besar hutang seseorang, semakin berat beban yang akan dirasakannya. Akan tetapi, ketika kita tidak mempunyai hutang, maka kita akan merasakan tidak ada yang perlu kita khawatirkan. Setiap musim kehidupan yang kita lewati, akan terasa begitu menyenangkan dan menenangkan!

Oleh karena itu, sebagaimana kita semua tahu bahwa firman Tuhan adalah buku yang hidup dan yang paling benar. Saat firman Tuhan berkata “Jangan berhutang” dan kita pun menaatinya, maka secara otomatis Perjanjian Berkat akan Tuhan genapi atas hidup kita. Karena salah satu bagian dalam Perjanjian Berkat Tuhan adalah jangan berhutang. Saat kita berani melangkah untuk taat dan tidak berhutang, maka kita akan merasakan kelegaan dan rasa cukup yang ilahi atas apa pun yang kita miliki untuk dapat menikmatinya. Kita akan melihat bagaimana Tuhan membawa setiap kita menjadi lebih baik dari hari ke hari, bahkan hidup kita pun akan terasa lebih ringan, lebih damai, lebih tenang, dan lebih penuh sukacita!

RENUNGAN
Bagian dalam PERJANJIAN BERKAT TUHAN adalah JANGAN BERHUTANG!

APLIKASI
1. Pernahkah Anda berhutang? Apa yang Anda rasakan saat itu?
2. Menurut Anda, mengapa Tuhan memerintahkan agar kita jangan berhutang? Jelaskan!?
3. Bagaimana cara Anda menjaga diri Anda agar tidak jatuh dalam jerat hutang?

DOA UNTUK HARI INI
“Ya Tuhan, terima kasih untuk rhemamu hari ini. Kami rindu untuk taat melakukan firman-Mu. Ya Roh Kudus, beri kami tuntunan ilahi dalam menjalankan perintah-Mu untuk bebas dari jerat hutang, sehingga kami boleh mengalami Perjanjian Berkat Tuhan terjadi atas hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”